Aksi Nyata Topik 4 Pembelajaran Sosial Emosional


Lembar Kerja Rancangan Aksi Nyata Topik 4

Rencana sesuai dengan apa yang telah Anda demonstrasikan. Bagaimana aplikasinya Hambatan/tantangan yang akan dihadapi

  1. Menentukan target perilaku berdasarkan apa yang Anda alami sebagai guru.
  2. Menentukan siapa yang melakukan observasi.
  3. Menentukan durasi dan kapan dilakukan (bisa daring atau luring).
  4. Menentukan alat bantu pencatatan.
Bagaimana aplikasinya:
  1. Peserta didik yang menggunakan smartphone dalam pembelajaran kurang fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
  2. Mahasiswa PPG Prajabatan Pendidikan Matematika (Harya Pramada).
  3. Dilakukan secara luring.
  4. Alat bantu pencatatan: Angket, kertas, dan smartphone untuk dokumentasi.
  5. Peserta didik akan mempersiapkan diri jika diberitahu oleh guru kelas bahwa akan diadakan observasi sehingga akan mempersulit mahasiswa dalam mengamati perilaku peserta didik yang sebenarnya.
  6. Peserta didik cenderung lebih fokus pada smartphone daripada materi yang disampaikan guru.
  7. Karena terlalu banyaknya peserta didik sehingga menyebabkan observer tidak dapat mengamati keseluruhan.
  8. Minimnya alat bantu dalam pelaksanaan observasi sehingga tidak semua terdokumentasi dengan lengkap.
  9. Hambatan/tantangan yang akan dihadapi

Buatlah program, lakukan pencatatan, dan bagaimana hasilnya?

Program yang saya lakukan dengan melaksanaan pengisian angket profiling peserta didik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembatasan penggunaan smartphone dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini digunakan sebagai langkah guru dalam menentukan gambaran awal tentang kondisi peserta didiknya. Dengan pelaksanaan kegiatan tersebut guru akan observer akan mengumpulkan data dari keseluruhan peserta didik di SMPN 1 Kalikotes untuk mengetahui perkembangan dan perilaku di dalam kelas tersebut. Data tersebut dapat menjadikan pedoman untuk melakukan langkah apa yang akan guru lakukan agar pembelajaran berjalan dengan efektif Pencatatan dilakukan dengan menyebar angket, pengamatan secara langsung dan dokumentasi Hasil dari pelaksanaan tersebut observer mendapatkan data profil peserta didik. Hal ini dapat digunakan sebagai data awal peserta didik. Kemudian, observer mengetahui pengaruh smartphone dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini observer dapat menyusun strategi dengan cara membuat kesepakatan dan perjanjian awal tentang penggunaan smartphone dalam pembelajaran.

Apakah ada perubahan?

Ya, terdapat perubahan ketika dilakukan pembatasan smartphone yaitu dengan melakukan kesepakatan dan perjanjian awal bahwa smartphone boleh digunakan ketika guru meminta menggunakannya, smartphone ketika pembelajaran berlangsung dapat digunakan ketika ada perintah dari guru untuk menggunkannya saat ada kuis seperti wordwall ataupun quiziz Smartphone dijadikan satu dan diletakkan kedalam sebuah wadah kemudian guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyelesaikan urusannya dengan membalas WA atau mengerjakan hal lain sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini membawa dampak dan perubahan yang sangat baik ketika diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik akan lebih fokus dalam kegiatan pembelajaran.

Lakukan evaluasi dari hasil tersebut.

Hasil tersebut menunjukkan penurunan signifikan pada penggunaan smartphone menyebabkan peserta didik dapat fokus kembali memperhatikan pembelajaran, sehingga materi yang diajarkan lebih teratur, efektif dan efisien.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org