3 Wisata Alam di Klaten yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Bisabaca.com - Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur di sana, baik itu wisata alam, sejarah, maupun religi.

Wisata alam di Klaten menawarkan keindahan alam yang memikat serta pengalaman yang menyenangkan bagi para pengunjung. Jadi, jika Anda mengunjungi Klaten, jangan lupa untuk mengeksplorasi keindahan alamnya yang menakjubkan.

Berikut adalah 3 tempat wisata alam di Klaten yang wajib dikunjungi saat berlibur ke sana.

1. Rowo Jombor

Rowo Jombor berlokasi Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di Rowo Jombor bila menggunakan kendaraan dari pusat kota.

Rowo Jombor adalah waduk seluas 198 hektare dengan kedalaman hingga 4,5 meter. Dahulu kala, Rowo Jombor dibangun untuk menampung air dari sungai-sungai di sekitarnya serta digunakan untuk mengendalikan banjir. Saat musim kemarau, Rowo Jombor dialihkan untuk mengairi sawah.

Seiring dengan berjalannya waktu, Rowo Jombor dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti perikanan dan pariwisata. Bahkan kini, Rowo Jombor juga telah menjelma jadi satu ikon wisata di Klaten

Dulu warung apung menjadi ikonik di wisata Rowo Jombor, namun pada tahun 2022 telah dilakukan revitalisasi oleh pemerintah kota sehingga  area waduk saat ini steril dari warung apung yang kini dipindahkan di area tepi jalan mengitari waduk, sehingga menjadikan wisata Rowo Jombor menjadi lebih tertata.

Kita dapat menikmati naik perahu mengitari waduk dengan harga hanya 5 ribu rupiah per orang (2023), menikmati senja, menyusuri sepanjang jalan Rowo Jombor, menikmati berbagai olahan ikan air tawar. Misalnya ikan lele, bawal, serta gurami.

Terdapat banyak cafe dan tempat tongkrongan yang selalu ramai dikalangan remaja.

2. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan wisata air yang terletak di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Sebuah objek wisata air yang menyajikan sensasi snorkeling dan diving di kolam mata air alami, naik perahu kayuh, kolam anak-anak, spot foto underwater serta prewedding dengan tema underwater.

Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung, baik wisatawan lokal, luar kota, maupun mancanegara

Pengelola Umbul Ponggok juga menyediakan pelayanan jasa foto dan persewaan kamera underwater dengan operator yang berpengalaman. Lokasinya mudah dijangkau dan harga tiket masuk Umbul Ponggok juga cukup terjangkau yaitu 15 ribu per orang.

3. Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro terletak di Jalan Desa Krakitan, Kecamatan Bayar, Klaten, Jawa Tengah. Sebuah lokasi wisata yang sudah dikenal luas wisatawan sejak puluhan tahun silam sebagai wisata budaya yang sering disebut "bukit turis". Bukit ini diperbarui dengan berbagai instalasi kekinian di Klaten sejak Desember 2019.

Wisata Bukit Sidoguro memfasilitasi gardu pandang yang disediakan gratis dan maksimal digunakan maksimal 10 orang yang menawarkan spot instagramable yang langsung menyita perhatian berlatarkan panorama alam sabuk perbukitan dari ketinggian. Dari puncaknya, kalian dapat menikmati lanskap Rawa Jombor di bawahnya. Kalian dapat menikmati pemandangan Puncak Bukit Jabalakat, Gunung Pegat, hingga Perbukitan Seribu yang membentang dari Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, hingga tenggara Klaten.

Bukit Sidoguro Klaten menyediakan area swafoto, panggung hiburan, tempat kuliner, rest area, hingga taman bermain.


Itulah 3 tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan akses jalan yang mudah dijangkau saat berkunjung ke Klaten. Tiap tempat wisata mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat kalian merasa menikmati wisatanya.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin berkunjung ke Klaten.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org