Ruang Kolaborasi Topik 1 Sosiokultural

Ruang Kolaborasi Topik 1 Sosiokultural

1. Apa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik penting yang mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran di kelima daerah tersebut? Apa yang mirip atau sama, dan apa yang berbeda?

Dari kelima video yang telah disajikan, faktor yang mempengaruhi dapat dijabarkan sebagai berikut:

Faktor sosial : Interaksi sosial antara peserta didik yang cukup dekat karena berada pada suatu wilayah yang sama yaitu daerah dengan akses teknologi yang kurang menjadikan interaksi antara peserta didik menjadi lebih dekat terlihat dari video yang disajikan, mereka lebih secara kolektif bermain bersama. Selain itu, interaksi masyarakat juga mempengaruhi. Interaksi dan dukungan yang baik orang tua, ataupun tokoh masyarakat bagi pendidikan dengan mendukung guru dan anaknya untuk pergi bersekolah sehingga mendukung terlaksananya dengan baik.

Faktor budaya : Budaya berdampak bagi pembelajaran. Pada kelima video tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap wilayah mempunyai budaya yang berbeda-beda, dan budaya tersebut erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari mereka. Dengan demikian, pembelajaran diupayakan dapat mendorong dan melibatkan keberadaan budayanya. Contohnya pada video 3, mayoritas masyarakat muslim, sehingga dengan mengadakan suatu kegiatan atau program pembelajaran berbasis muslim sesuai dengan adat budaya setempat dapat mendukung terlaksananya pembelajaran dengan baik.  

Faktor ekonomi : Ekonomi daerah 3T yang mayoritas status ekonomi tidak sebaik pada masyarakat perkotaan, menyebabkan akses akomodasi terhambat, hal ini yang menyebabkan belum banyaknya dan layaknya sekolah dibangun. Sehingga, penyelenggaraan pendidikan akan terganggu.

Faktor politik : Politik sangat berpengaruh pada kelima video tersebut. Kebijakan yang diberikan pemerintah sangat dapat berdampak, dengan menyediakan akses yang baik, penyediaan sarana dan prasarana, dan juga menyediakan tenaga pendidik akan dapat memperlancar proses pembelajaran, sehingga tingkat pendidikan akan meningkat.

Persamaan : Kelimanya merupakan daerah dengan kategori 3T dengan akomodasi yang cukup sulit dan akses teknologi yang kurang, dimana faktor budaya dan ekonomi sangat berpengaruh pada proses pelaksanaan pembelajaran karena masing-masing daerah masih kental akan budaya dan agamanya.

Perbedaan : Kondisi sekolah yang berbeda-beda. Ada yang sudah cukup memadai Gedung dan fasilitasnya, akan tetapi ada yang masih belum memadai terutama pada sekolah di wilayah hutan karet di Kalimantan dengan bangunan sekolah yang masih memprihatinkan.  


2. Bagaimana faktor-faktor tersebut dipertimbangkan dan kemudian diterapkan ke dalam strategi pembelajaran oleh pengajar yang ada di dalam video tersebut?

Strategi pembelajaran oleh pengajar tersebut adalah dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada disekitar mereka dan sesuai dengan budaya dan agama mereka. Pengajar melakukan pembelajaran di luar kelas dengan tetap memanfaatkan potensi alam yang mereka miliki.


3. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, apa yang akan Anda lakukan selain yang sudah dilakukan pengajar tersebut?

Hal yang saya lakukan adalah memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus mau bersekolah dan melanjutkan mimpi & cita-cita mereka. Selain itu juga memotivasi orang tua dalam mendukung pendidikan anaknya.  Dengan demikian, Mereka dapat berkembang sesuai dengan keinginannya tanpa terhalang dari pengaruh faktor yang ada.


4. Apakah dengan mempelajari faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik penting yang mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran mampu mengembangkan diri Anda untuk menjadi pendidik yang baik?

Jawab: Ya, pendidik yang baik berakar dari keberhasilannya dalam menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing. Selanjutnya faktor utama keberhasilan pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran adalah dengan menjalankan strategi yang telah direncanakan. Strategi tersebut berasal dari semua data yang meliputi karakteristik, potensi, daya hambat dan dukung. Dengan demikian, pentingnya pendidik dalam mengetahui dan menelusuri setiap faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada peserta didik yang akan dididik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url