Mengapa PPL I menggunakan format Lesson Study?

Format Lesson Study


Pada bagian ini, kita akan membahas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I secara lebih rinci. Ini dilaksanakan pada semester 1 di mana bobot dari Mata Kuliah ini adalah 6 sks. PPL I berintegrasi dengan dua Mata Kuliah lain yaitu Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya (PPDP) dan Prinsip Pengajaran dan Asesmen (PPA)1.

PPL I menitikberatkan pada praktik pembelajaran terbimbing dengan menggunakan format Lesson Study yang terdiri dari tiga siklus yaitu:

  • Plan (merancang pembelajaran)
  • Do/See (melaksanakan pembelajaran & observasi)
  • Refleksi & Tindak Lanjut.

Sehubungan dengan siklus Lesson Study, silakan Saudara memberikan pendapat nya untuk pertanyaan berikut ini:

  • Mengapa PPL I menggunakan format Lesson Study
  • Bagaimana Lesson Study dapat membantu Saudara untuk melakukan praktik pembelajaran terbimbing
  • Siklus manakah yang paling penting dalam Lesson Study?
  • Mengapa PPL I menggunakan format Lesson Study?
  • Bagaimana Lesson Study dapat membantu Saudara untuk melakukan praktik pembelajaran terbimbing?
  • Siklus manakah yang paling penting dalam Lesson Study?

Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran ini dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study bukan sebuah kegiatan sesaat tetapi kegiatan yang terus menerus, berkesinambungan dan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran secara terus-menerus sehingga dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar yang secara sistematis dan konsisten melakukan perbaikan yang bersifat individual maupun manajerial sehingga sangat efektif untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran

Lesson study dapat membantu untuk melakukan praktik pembelajaran terbimbing karena mengutamakan adanya perencanaan bersama, mengamati bersama dan melakukan refleksi bersama, sehingga dapat mengasah pemahaman dan keterampilan saya dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, berorientasi pada aktivitas dan kreativitas peserta didik, serta terlatih mengamati peserta didik belajar. Hasil belajar peserta didik akan meningkat jika keprofesionalan saya sebagai calon guru meningkat.

Siklus yang menurut saya paling penting dalam Lesson Study adalah Tahap Refleksi. Kegiatan refleksi dilakukan dengan cara diskusi yang diikuti seluruh komunitas lesson study yang dipandu oleh seorang moderator yang telah ditunjuk sebelumnya. Diskusi dimulai dengan penyampaian praktik pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa PPL untuk mengetahui kesan umum selama pembelajaran berlangsung. Pada tahap ini disampaikan pula hambatan dalam melaksanakan lesson design yang telah disusun sehingga guru pamong maupun DPL dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang timbul selama pembelajaran berlangsung untuk didiskusikan bersama-sama. Setelah mahasiswa PPL menyampaikan kesan umum selama pembelajaran berlangsung, guru pamong dan DPL memberikan tanggapan atau saran secara bijak terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org