Koneksi Antar Materi Topik 5 Proyek Kepemimpinan 1

Koneksi Antar Materi Topik 5 Proyek Kepemimpinan 1

Tujuan Pembelajaran Khusus

  • mahasiswa mampu mengambil pembelajaran dari proses penentuan strategi komunikasi dan proposal projek kepemimpinan ini menggunakan model refleksi 5M.

Tugas 3 - Refleksi 5M

Semua proses yang telah dilalui dalam topik ini diharapkan memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa. Oleh karena itu, di tahap ini, Anda diharapkan dapat menyampaikan pembelajaran yang diperoleh menggunakan model refleksi 5M (Bain dkk. (2002) dalam Ryan & Ryan (2013)), yang terdiri dari lima langkah refleksi.

  1. Mendeskripsikan (Reporting): menceritakan ulang peristiwa yang terjadi.
  2. Merespon (Responding): menjabarkan tanggapan yang diberikan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan, misalnya melalui pemberian opini, pertanyaan, ataupun tindakan yang diambil saat peristiwa berlangsung.
  3. Mengaitkan (Relating): menghubungkan kaitan antara peristiwa dengan pengetahuan, keterampilan, keyakinan atau informasi lain yang dimiliki.
  4. Menganalisis (Reasoning): menganalisis dengan detail mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, lalu mengambil beberapa perspektif lain, misalnya dari teori atau kejadian lain yang serupa, untuk mendukung analisis tersebut.
  5. Merancang ulang (Reconstructing): menuliskan rencana alternatif jika menghadapi kejadian serupa di masa mendatang.


Mendeskripsikan (Reporting) : Menceritakan ulang peristiwa yang terjadi.

Kegiatan awal yang akan pertama kali dilakukan adalah pembuatan rencana awal tentang pelaksanaan kegiatan “Laskar Candi”. Setelah itu hal yang disampaikan ialah Materi yang dipelajari diskusi mandiri tentang program yang berdampak pada murid. Hari berikutnya yaitu, kami mahasiswa berdiskusi di ruang kolaborasi dengan membicarakan tentang program yang akan dilaksanakan bersama dengan kelompok kami memikirkan ide-ide prakarsa yang akan kami bawa ke instansi untuk membawa perubahan positif bagi diri kami dan kelompok, bagi peserta didik, dan instansi yang akan berkolaborasi dengan kami. Hari Ketiga, Setelah berdiskusi tentang program maka di pendidikan selanjutnya yaitu mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompok lainnya. Mengupload tugas hasil diskusi serta menganalisis sejauh mana kepemimpinan peserta didik di dorong untuk mempromosikan suara. Terakhir, Melaksanakan refleksi terbimbing dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan dalam LMS.

Merespon (Responding) : Menjabarkan tanggapan yang diberikan dalam menghadapi peristiwa yang diceritakan, misalnya melalui pemberian opini, pertanyaan, ataupun tindakan yang diambil saat peristiwa berlangsung.

Kegiatan merespon ini menurut kami sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya dan anggota kelompok tentang bagaimana membuat sebuah program yang mana nantinya bisa berdampak pada peserta didik serta dapat dijadikan sebuah strategi dalam memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan peserta didik sehingga program sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Mengaitkan (Relating) : Menghubungkan kaitan antara peristiwa dengan pengetahuan, keterampilan, keyakinan atau informasi lain yang dimiliki.

Panti Asuhan yang berjalan selama ini biasanya Belum memiliki donatur tetap dan kebanyakan Sumber pembiayaannya berasal dari pribadi serta masyarakat yang datang membantu serta dari mahasiswa yang melaksanakan kegiatan. Dengan mempelajari program ini kami selaku anggota kelompok memiliki keyakinan bahwa kita bisa menciptakan sesuatu yang dapat menghasilkan daya jual sehingga bisa membantu pembiayaan dari panti asuhan. Selain itu juga dapat mengasah keterampilan dari anak-anak yang ada di kelompok belajar tersebut.

Menganalisis (Reasoning) : Menganalisis dengan detail mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi, lalu mengambil beberapa perspektif lain, misalnya dari teori atau kejadian lain yang serupa, untuk mendukung analisis tersebut.

Pembuatan program Laskar Candi dapat dilaksanakan dengan memperhatikan langkah, strategi dan kebutuhan peserta didik serta dukungan dari berbagai pihak seperti pengurus, rekan kerja, peserta didik, masyarakat serta sarana prasarananya. Selain itu kita juga dapat mempertimbangkan hambatan yang akan dihadapi dalam program panti asuhan dengan cara memperhatikan dan mengelola sumber daya yang tersedia secara maksimal.

Merancang ulang (Reconstructing) : Menuliskan rencana alternatif jika menghadapi kejadian serupa di masa mendatang.

Melakukan kegiatan yang dapat mengasah keterampilan peserta didik sehingga hasilnya dapat berguna untuk kehidupan. Untuk menerapkan ilmu dan konsep yang saya dapatkan ini, saya merasa harus meningkatkan ketrampilan saya dalam mengambil keputusan terutama dengan menerapkan konsep yang saya dapatkan dengan cara berkolaborasi dan sharing dengan teman sejawat mengenai pengambilan keputusan dan juga mempraktekkan dalam pengambilan keputusan dalam keseharian saya menggunakan konsep yang telah saya pelajari. saya berharap kedepannya saya lebih bijaksana,  lebih matang dan lebih terampil dalam mengambil keputusan yang tepat dan efektif sebagai pribadi maupun sebagai pemimpin pembelajaran dalam situasi apapun baik itu dilema etika maupun bujukan moral.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url