Koneksi Antar Materi Topik 4 Proyek Kepemimpinan 1

Koneksi Antar Materi Topik 4

Proyek Kepemimpinan

Moda: Asynchronous, tugas mandiri kelompok (pertanyaan pemantik)

Tujuan Pembelajaran Khusus 

  • mahasiswa mampu mengambil pembelajaran kepemimpinan yang telah didapat dari keterlibatannya dalam proses dan materi MK Projek Kepemimpinan I ini.

Semua proses yang dilalui mahasiswa dari topik demi topik, tahap demi tahap, didesain untuk menyediakan kesempatan bagi mahasiswa menerapkan keterampilan kepemimpinan mereka secara langsung. Dalam kesempatan Elaborasi Pemahaman kali ini, dilakukan refleksi bersama yang dibimbing oleh beberapa pertanyaan berikut:


Setiap orang adalah pemimpin, paling tidak, pemimpin untuk dirinya sendiri. Bagaimana proses dan materi yang Anda lalui hingga kini membantu Anda menjadi pribadi pemimpin yang lebih baik? Kualitas kepemimpinan mana yang setelah ikut MK Projek Kepemimpinan I ini menjadi meningkat?

Jawab

Untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih baik, menurut saya memerlukan hal berikut:

  • Belajar dari pengalaman: Sebagai pemimpin, penting untuk terus belajar dari pengalaman dan kesalahan yang pernah terjadi. Hal ini dapat membantu seseorang untuk memperbaiki keterampilan kepemimpinan mereka, dan menghindari kesalahan yang sama di masa depan.
  • Menumbuhkan keterampilan komunikasi yang baik: Sebagai seorang pemimpin, penting untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim atau bawahan. Hal ini dapat membantu seseorang untuk membangun kepercayaan dan menginspirasi mereka untuk bekerja lebih keras dan lebih baik.
  • Mempelajari teknik manajemen waktu: Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mengelola waktu mereka dengan efektif. Hal ini dapat membantu seseorang untuk fokus pada tugas-tugas penting dan meningkatkan produktivitas tim.
  • Mengembangkan empati dan kepedulian: Seorang pemimpin yang baik harus dapat merangkul keragaman dan memperhatikan kebutuhan individu dalam tim mereka. Hal ini dapat membantu seseorang untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan tim, dan membuat mereka merasa dihargai dan diakui.
  • Menjalin kemitraan dan kerja sama: Sebagai seorang pemimpin, penting untuk membangun kemitraan dan kerja sama dengan orang lain, baik itu di dalam maupun di luar organisasi. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mengembangkan jaringan yang lebih luas, dan mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi.
Secara keseluruhan, menjadi seorang pemimpin yang baik membutuhkan banyak keterampilan dan sifat yang perlu terus diasah dan ditingkatkan. Proses pembelajaran harus terus dilakukan dan dijadikan sebagai hal yang rutin sehingga seseorang dapat memperbaiki diri dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka.

Kemampuan kepemimpinan yang meningkat dalam diri saya adalah kemampuan memanajemen waktu yang menjadi hubungan dengan orang lain

Kualitas seorang pemimpin seringkali dapat kita lihat dari bagaimana ia membuat keputusan dan mengaitkan pembelajaran lalu dengan konteks sekarang. Dalam MK Projek Kepemimpinan I ini, sejauh mana Anda menilai diri Anda dalam proses pengambilan keputusan kelompok Anda selama ini? Dari angka 1-10, berapa Anda menilai kualitas diri Anda sendiri dalam membuat keputusan? Apa yang membuat Anda menilai demikian? Bagaimana keterkaitan pengalaman belajar Anda dalam Projek Kepemimpinan I ini dengan mata kuliah lain yang Anda telah/sedang pelajari di semester ini?

Jawab

Saya menilai diri saya dalam membuat keputusan ada di skala 7. Saya masih sering meminta pendapat orang lain dahulu sebelum mengambil keputusan. Saya belum bisa memantapkan sendiri keputusan saya, harus ada orang lain yang memantapkan pilihan saya sehingga saya mampu memutuskan suatu hal.

Berkaitan dengan mata kuliah lain saya harus mampu memutuskan bagaimana penggabungan beberapa mata kuliah dalam projek kepemimpinan ini

Bagaimana Anda memandang kesempatan dalam MK Projek Kepemimpinan I ini membantu Anda menjadi pemimpin yang melayani kepentingan anak/peserta didik sebagaimana yang Ki Hajar Dewantara isyaratkan lewat Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani?

Jawab

Dalam mata kuliah ini membuat saya mengerti bahwa seorang guru haruslah memberikan teladan kepada peserta didiknya. Mengajarkan moral lebih efektif dengan keteladanan yang baik. Selain itu guru ditengah-tengah peserta didik juga harus membangun karsa dari peserta didik, membangun semangat dan ide peserta didik untuk mengembangkan karsa sesuai dengan tuntutan zaman. Guru dibelakang juga harus selalu memberikan dorongan dan arahan kepada peserta didik kearah kemajuan yang baik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org