Jurnal Refleksi Seminar PPG Praktik Pengalaman Lapangan 1 (PPL 1)

JURNAL REFLEKSI
SEMINAR PENDIDIKAN PROFESI GURU

 
Nama Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan 1
Review pengalaman belajar Materi pada mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan 1 merupakan pembelajaran yang bersifat praktikum yaitu kegiatan mengajar di dalam kelas. Namun, ada beberapa materi yang dipelajari selama proses pembelajaran yang meliputi :

1. Orientasi PPL
Yaitu kegiatan untuk mengenalkan mahasiswa PPG berbagai hal terkait sekolah, diantaranya manajemen Pendidikan yang berlaku di sekolah mitra PPL, kultur sekolah serta berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang diterapkan di sekolah mitra lokasi PPL.

2. Observasi PPL
Kegiatan observasi bertujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan menangkap dan memaknai kejadian, fenomena, dan gejala yang nampak selama proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Selain itu, observasi juga bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman yang utuh tentang lingkungan di sekolah mitra PPL 1. Observasi ini dilakukan terhadap terhadap fakta, kejadian, gelaja atau perubahan disekolah dengan menggunakan panca indera. Hasil observasi selanjutnya dirumuskan dalam bentuk kesimpulan sementara. Oleh karena itu, sebelum melakukan observasi, mahasiswa perlu mendapatkan pembekalan tentang bagaimana melakukan observasi yang baik dan benar. Pembekalan materi observasi ini dilakukan oleh pengelola PPG sebelum mahaasiswa terjun ke sekolah mitra. Kegiatan observasi akademik dan non akademik yang wajib dilakukan.

3. Asistensi Mengajar PPL
Asistensi mengajar merupakan kegiatan mahasiswa PPG membantu Guru Pamong melaksanakan tugas keguruan di sekolah. Pada kegiatan asistensi ini mahasiswa mengambil peran yang lebih sedikit disbanding Guru Pamong dalam melaksanakan setiap tahapan pembelajaran.

4. Praktik Pembelajaran Terbimbing PPL 1
Pada praktik pembelajaran terbimbing mahasiswa PPG berlatih mengajar di bawah bimbingan intensif Guru Pamong dan atau Dosen Pembimbing Lapangan, setiap mahasiswa minimal melakukan tiga siklus praktik pembelajaran terbimbing dengan menggunakan format Lesson Study, melalui siklus Plan (merancang pembelajarna, Do/See (melaksanakan pembelajaran dan Observasi), dan Refleksi dan Tindak lanjut Dari materi-materi diatas saya mendapatkan beberapa pemahaman baru terkait proses pembelajaran di kelas, sehingga dapat dijadikan perbaikan bagi kualitas mengajar saya dan juga sebagai tambahan wawasan dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing.. selain itu, dalam perkuliahan ini kita juga bisa mengetahui dan menerapkan ilmu yang telah kita dapatkan pada mata kuliah lain secara langsung dari proses mengajar didalam kelas.
Refleksi pengalaman belajar yang dipilih Pada perkuliahan PPL 1 ini, materi Praktik Pembelajaran Terbimbing merupakan materi yang paling penting bagi saya, karena saya dapat mengukur kemampuan mengajar saya didalam kelas serta mendapatkan bimbingan dan masukan langsung dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing. Sehingga saya dapat mengetahui kekurangan dalam proses pembelajaran yang harus saya perbaiki agar menjadi guru yang professional. Selain itu, saya juga harus bisa melakukan tiga siklus praktik pembelajaran terbimbing dengan menggunakan format Lesson Study, melalui siklus Plan (merancang pembelajaran), Do/See (melaksanakan pembelajaran dan observasi), dan Refleksi dan Tindak Lanjut.
Cara mempelajari pada materi ini adalah kelanjutan dari asistensi mengajar yang mana dari wawasan serta pengetahuan asistensi mengajar saya terapkan pada proses praktik pembelajaran terbimbing. Selain itu, masukan dan bimbingan dari Guru Pamong dan Dosen Pembimbing juga menjadikan sebagai proses belajar. Strategi yang saya lakukan adalah mengikuti tahapan-tahapan dalam perkuliahan PPL 1 ini, yaitu dari observasi, asistensi mengajar, serta praktik pembelajaran pembimbing, sehingga secara system sudah sesuai dengan alur guna mengajar didalam kelas
Analisis artefak pembelajaran Berikut saya lampirkan link hasil laporan praktik pembelajaran terbimbing (siklus 1), dimana didalam laporan tersebut berisi RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, hasil refleksi, dan rencana tindak lanjut
Google Drive
Pembelajaran bermakna (good practices) Pada mata kuliah PPL 1 ini, saya mendapatkan wawasan serta ilmu baru untuk memperbaiki kemampuan saya dalam mengajar di kelas. Dengan ilmu yang saya dapat ini, merupakan proses pembelajaran yang dapat saya tingkatkan dan juga dapat menghasilkan kualitas pemahaman peserta didik terhadap materi yang di pelajari didalam kelas.
Tahapan-tahapan pada mata kuliah ini sangatlah penting untuk merancang serta melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Dari orientasi tentang sekolah dan peserta didik, dilanjutkan dengan observasi pada lingkungan sekolah dan peserta didik, serta proses asistensi mengajar yang dapat menambah pengetahuan serta kemampuan mengajar saya. Sehingga dalam materi praktik pembelajaran terbimbing, saya bisa lebih baik dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan asesmen yang efektif. Serta dapat mengetahui karakteristik peserta didik melalui hasil observasi langsung.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url