Aksi Nyata Topik 5 Pemahaman Peserta Didik

AKSI NYATA TOPIK 5 PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DAN PEMBELAJARANNYA

Pada akhir pembelajaran topik tentang Assessment : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh,  refleksikan pembelajaran ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep Assessment : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh?
  2. Bagian manakah dari konsep Assessment : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh,  yang paling menantang untuk diaplikasikan di lapangan ketika anda bekerja menjadi seorang guru (terutama pada masa PJJ)?
  3. Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan Assessment : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh?

Setelah melakukan refleksi, tuliskan rancangan / rencana aksi nyata terkait konsep Assessment : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh, yaitu kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika mengajarkan  secara efektif di kelas Anda.


SECARA UMUM

Assessment dapat diartikan sebagai proses mempertimbangkan setiap informasi terkait individu maupun situasi terkini guna dilakukan penilaian. Assessment adalah bagian dari proses penilaian atas individu atau situasi yang bisa merefleksikan berhasil tidaknya dalam mencapai suatu tujuan.

Anda akan menjumpai proses assessment dalam dunia kerja ketika penerimaan karyawan baru, serta saat promosi kenaikan jabatan. Sementara dalam dunia pendidikan, assessment menjadi aspek penting yang tidak boleh dilewatkan pada proses pembelajaran dan juga pengajaran. Melalui proses assessment, Anda bisa mengukur skill, wawasan, bakat, bahkan kebugaran dari seorang individu ataupun klasifikasi lainnya.

Biasanya, assessment dilakukan dalam bentuk tes lisan maupun tulisan, bisa juga berupa aktivitas fisik di tempat yang sudah ditentukan. Tidak hanya di dunia kerja dan dunia pendidikan saja Anda bisa menemukan process assessment. Bahkan di bidang teknologi, perpajakan, psikologi juga keuangan. Dari berbagai bidang tersebut bisa kita dapatkan contoh assessment.

Contoh assessment adalah personal dan juga technical assessment. Dimana personal assessment fokus pada penilaian kualitas diri individu, baik dari karakter, wawasan, pengetahuan, keterampilan dan masih banyak lagi lainnya. Ini biasa digunakan pada bidang psikologi dan diaplikasikan sebagai syarat penerimaan karyawan baru pada sebuah instansi maupun perusahaan. Sementara technical assessment adalah penilaian juga evaluasi yang dilakukan atas temuan baru di bidang teknologi.

Penilaian dilakukan untuk mengetahui dampak positif juga negatif secara global, serta potensi pemanfaatan maupun pengembangan di masa depan. Para ahli memiliki pandangan yang berbeda dalam mendefinisikan assessment ini.

Adapun menurut beberapa ahli assessment adalah:

  1. Menurut Worthen & Sanders Dua orang ahli ini mengartikan assesment sebagai aktivitas mencari poin penting atau nilai atas sesuatu. Dimana dalam pencarian nilai tersebut, mencakup pengumpulan informasi penting terkait suatu kegiatan. Selain itu juga sekaligus menganalisa strategi yang sesuai untuk diimplementasikan guna mencapai tujuan.
  2. Menurut Robert M. Smith Assessment diartikan sebagai proses penilaian yang komprehensif guna mengidentifikasi kekuatan juga kelemahan dari hasil keputusan. Proses ini melibatkan sebuah tim dan bertujuan untuk menyusun rencana pembelajaran sebagai layanan pendidikan berdasarkan hasil keputusan.
  3. Nana Sudjana Menurutnya, assessment adalah proses pada saat kita memberikan nilai kepada sebuah obyek dengan menjadikan kriteria tertentu sebagai dasar atau acuan penilaian.
  4. Menurut Suchman Assessment yaitu penentuan hasil penilaian atas berbagai aktivitas yang direncanakan, dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan.

Tujuan Dari Proses Assessment

Assessment dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu atau nilai atas situasi maupun individu. Sebab dari proses inilah bisa dilakukan evaluasi atas berbagai kekurangan atau kelemahan yang ada. Selain itu, dengan adanya assessment Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi setiap indikator kompetensi yang telah berhasil Anda capai atau wujudkan. Itu merupakan tujuan assessment secara garis besar. Untuk lebih spesifiknya, berikut ini beberapa tujuannya dalam dunia kerja.

  1. Bentuk apresiasi dan motivasi bagi karyawan agar dapat terus berkontribusi dengan performa maksimal
  2. Membuka peluang untuk kenaikan posisi atau jabatan dalam perusahaan
  3. Menyesuaikan program pelatihan kerja yang relevan dengan kebutuhan karyawan
  4. Mempermudah proses pengembangan usaha dan upaya mencapai target sesuai rencana usaha
  5. Meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan dan juga sebaliknya

Fungsi Assessment Dalam Pendidikan

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi tujuan dari assessment, kini kita lanjutkan ke aspek fungsi dari proses ini. Peran penting assessment dalam menghadirkan hasil penilaian atas kekurangan, kelebihan , serta rencana ke depan berdasarkan pada dua fungsinya. Adapun fungsi assessment adalah:

  1. Fungsi Sumatif : Fungsi assessment yang satu ini dalam dunia pendidikan menjadi penentu lulus atau tidaknya siswa atas subjek pelajaran tertentu. Sementara dalam dunia kerja pada perusahaan, fungsi sumatif menjadi dasar pertimbangan lulus tidaknya peserta didik.
  2. Fungsi Formatif : Fungsi berikutnya yaitu formatif, yaitu fungsi sebagai alat bahan dalam memandang secara luas terkait kebutuhan atas upaya pencapaian. Dari fungsi ini Anda bisamelakukan evaluasi, juga mengidentifikasi apa keunggulan juga kekurangan yang dimiliki untuk dilakukan perbaikan dan dimaksimalkan.

SECARA PENDIDIKAN

Assessment atau disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari peserta didik.

Hasil penilaian pembelajaran adalah hasil analisis sejumlah fakta tentang performance (unjuk kerja) peserta didik dalam proses penguasaan kompetensi yang diharapkan. Fakta-fakta yang dikumpulkan, diolah, dianalisis, diinterpretasi, dan disimpulkan merupakan jabaran kompetensi yang diharapkan (kompetensi dasar minimal) ke dalam sejumlah sub-kompetensi beserta sejumlah indikator dan deskriptor tertentu. Pengumpulan fakta atau bukti kinerja peserta didik menggunakan instrumen yang disusun berdasarkan indikator pencapaian kompetensi.

Tujuan Assessment Menurut Ahli :

Menurut Robb

  • Untuk menyaring dan mengidentifikasi anak
  • Untuk membuat keputusan tentang penempatan anak
  • Untuk merancang individualisasi pendidikan
  • Untuk memonitor kemajuan anak secara individu
  • Untuk mengevaluasi kefektifan program.

Menurut Sumardi & Sunaryo (2006)

  • Memperoleh data yang relevan, objektif, akurat dan komprehensif tentang kondisi anak saat ini
  • Mengetahui profil anak secara utuh terutama permasalahan dan hambatan belajar yang dihadapi, potensi yang dimiliki, kebutuhan-kebutuhan khususnya, serta daya dukung lingkungan yang dibutuhkan anak
  • Menentukan layanan yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhankebutuhan khususnya dan memonitor kemampuannya.

Menurut Salvia dan Yesseldyke seperti dikutif Lerner (1988: 54)

Assessment dilakukan untuk lima keperluan yaitu :
  • Penyaringan (screening)
  • Pengalih Tanganan (referal)
  • Klasifikasi (classification)
  • Perencanaan Pembelajaran (instructional planning)
  • Pemantauan kemajuan belajar anak (monitoring pupil progress)

Berdasarkan hasil kajian dari teori-teori di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa : “Assessment dilakukan untuk mengetahui keadaan anak pada saat tertentu (Waktu dilakukan assessment) baik potensi-potensinya maupun kelemahan-kelemahan yang dimiliki anak sebagai bahan untuk menyusun suatu program pembelajaran sehingga dapat melakukan layanan / intervensi secara tepat.
  1. Ruang Lingkup
  2. Motorik
  3. Kognitif
  4. Emosi
  5. Perilaku adaptif
  6. Bahasa

TUJUAN ASSESSMENT

Chittenden (1994) mengemukakan tujuan penilaian (assessment purpose) adalah “keeping track, checking-up, finding-out, and summing-up”.

  1. Keeping track, yaitu untuk menelusuri dan melacak proses belajar peser ta didik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk itu, guru harus mengumpulkan data dan informasi dalam kurun waktu tertentu melalui berbagai jenis dan teknik penilaian untuk memper oleh gambaran tentang pencapaian kemajuan belajar peserta didik.
  2. Checking-up, yaitu untuk mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran dan kekurangan-kekurangan peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran. Dengan kata lain, guru perlu melakukan penilaian untuk mengetahui bagian mana dari materi yang sudah dikuasai peserta didik dan bagian mana dari materi yang belum dikuasai.
  3. Finding-out, yaitu untuk mencari, menemukan dan mendeteksi kekurangan kesalahan atau kelemahan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga guru dapat dengan cepat mencari alternatif solusinya.
  4. Summing-up, yaitu untuk menyimpulkan tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan. Hasil penyimpulan ini dapat digunakan guru untuk menyusun laporan kemajuan belajar ke berbagai pihak yang berkepentingan.
Adapun tujuan penilaian hasil belajar adalah :
  • Untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang telah diberikan.
  • Untuk mengetahui kecakapan, motivasi, bakat, minat, dan sikap peserta didik terhadap program pembelajaran.
  • Untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kesesuaian hasil belajar peserta didik dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.
  • Untuk mendiagnosis keunggulan dan kelemahan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Keunggulan peserta didik dapat dijadikan dasar bagi guru untuk memberikan pembinaan dan pengembangan lebih lanjut, sedangkan kelemahannya dapat dijadikan acuan untuk memberikan bantuan atau bimbingan.
  • Untuk seleksi, yaitu memilih dan menentukan peserta didik yang sesuai dengan jenis pendidikan tertentu.
  • Untuk menentukan kenaikan kelas.
  • Untuk menempatkan peserta didik sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
Secara rinci tujuan assessment berbasis kelas dapat dijabarkansebagai berikut:
  1. Pendidik dapat mengetahui seberapa jauh siswa dapat mencapai ting kat pencapai kompetensi yang dipersyaratkan, baik selama mengikuti pembelajaran dan setelah proses pembelajaran berlangsung.
  2. Pendidik juga dapat secara langsung memberikan umpan balik kepada peserta didik, sehingga tidak pelu lagi menunda atau menunggu ulangan semester untuk bisa mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi.
  3. Pendidik dapat melakukan pemantauan kemajuan belajar yang dicapai setiap peserta di dik, sekaligus Anda dapat mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga secara tepat dapat menentukan siswa mana yang perlu pengayaan dan siswa yang perlu pembelajaran remedial untuk mencapai kompetensi ya ng dipersyaratkan.
  4. Hasil pemantauan kemajuan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan terus menerus tersebut juga akan dapat dipakai sebagai umpan balik untuk memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan, sesuai dengan kebutuhan materi dan juga kebutuhan siswa.
  5. Hasil dari assessment dapat pula memberikan informasi kepada orang tua dan komite sekolah tentang efektivitas pendidikan, tidak perlu menunggu akhir semester atau akhir tahun. Komunikasi antara pendidik, orang tua dan komite harus dijalin dan dilakukan terus menerus sesuai kebutuhan.

FUNGSI ASSESSMENT

Assessment atau penilaian merupakan bagian penting dalam darisuatu proses belajar mengajar. Fungsi penilaian diantara:

A. Fungsi Formatif
Untuk memberikan umpan balik (feedback) kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengadakan program remedial bagi peserta didik.

B. Fungsi Sumatif
Untuk menentukan nilai (angka) kemajuan/hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai bahan untuk memberikan laporan kepada berbagai pihak, penentuan kenaikan kelas dan penentuan lulus-tidaknya peserta didik.

C. Penilaian berfungsi sebagai Diagnostik
Alat yang digunakan dalam penilaian maka hasilnya dapat mengetahui kelemahan peserta didik. Jadi dengan mengadakan penilaian sebenarnya guru melakukan diagnosis kepada siswa tentang kebaikan dan kelemahannya. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada maka akan mudah mencari cara untuk mengatasinya.

D. Penilaian berfungsi sebagai Penempatan
Untuk dapat menentukan dengan pasti di kelompok mana seorang siswa harus ditempatkan, digunakan suatu penilaian. Sekolompok siswa yang mempunyai hasil penilaian yang sama, akan berada dalam kelompok yang sama belajarnya.

E. Penilaian berfungsi sebagai Pengukur Keberhasilan
Penilaian dilakukan dengan maksud untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan.

Sementara itu, pada assessment berbasis kelas, fungsi penilaian diantara:

A. Fungsi Motivasi
Dalam arti, penilaian yang dilakukan guru di kelas harus mendorong motivasi siswa untuk belajar. Latihan, tugas, dan ulangan yang diberikan oleh guru harus memungkinkan siswa melakukan proses pembelajaan baik secara individu maupun kelompok. Bentuk tugas, latihan dan ulangan harus dirancang sedemikian rupa sehingga siswa terdorong untuk terus belajar dan merasakan kegiatan itu menyenangkan dan menjadi kebutuhannya. Dengan mengerjakan latihan, tugas, dan ulangan yang diberikan, siswa sendiri memperoleh gambaran tentang hal-hal apa yang telah dia kuasai dan belum kuasai. Jika siswa merasa ada hal-hal yang belum dia kuasai, ia terdorong untuk mempelajarinya kembali.

B. Fungsi Belajar Tuntas
Dimana penilaian di kelas harus diarahkan untuk memantau ketuntasan belajar siswa. Pertanyaan yang harus selalu diajukan oleh guru adalah apakah siswa sudah menguasai kemampuan yang diarahkan, siapa dari siswa yang belum menguasai kemampuan tetentu, dan tindakan apa yang harus dilakukan agar siswa mampu menguasai kemampuan tersebut. Ketuntasan belajar harus menjadi fokus dalam perancangan materi yang harus dicakup setiap kali guru melakukan penilaian. Jika suatu kemampuan belum dikuasai siswa, penilaian harus terus dilakukan untuk mengetahi apakah semua atau sebagian besar siswa telah menguasai kemampuan tersebut. Rencana penilaian harus harus disusun dengan target kemampuan yang harus dikuasai siswa pada setiap semester dan kelas sesuai dengan daftar kemapuan yang telah ditetapkan.

C. Fungsi Sebagai Indikator Efektivitas Pengajaran
Disamping untuk memantau kemajuan belajar siswa, penilaian kelas juga dapat digunakan untuk melihat seberapa jauh proses belajar mengajar telah berhasil. Apabila sebagian besar atau semua siswa telah menguasai sebagian besar atau semua kemampuan yang diajarkan, maka dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar telah berhasil sesuai dengan rencana. Apabila guru menemukan bahwa hanya seagian siswa saja yang menguasai keampuan yang ditargetkan, guru perlu melakukan analisis dan refleksi mengapa hal ini terjadi dan apa tindaka yang harus guru lakukan untuk meningkatkan efektivitas pengajaran.

D. Fungsi Umpan balik
Hasil penilaian harus dianalisis oleh guru sebagai bahan umpan balikbagi siswa dan guru itu sendiri. Umpan balik hasil penilaian sangat bermafaat bagi siswa agar siswa mengetahui kelemahan yang dialaminya dalam mecapai kemampuan yang diharapakan, dan siswa diminta melakukan latihan dan atau pengayaan yang dianggap perlu baik sebagai tugas individu ataupun kelompok. Analisis hasil peilaiam juga berguna bagi guru untuk melihat hal-hal apa yang perlu diperhatikan secara serius dalam proses belajar mengajar. misalnya, analisis terhadap kesalahan yang umum dilakukan siswa dalam memahami konsep tetentu mejadi umpan balik dari guru dan melaukan perbaikan dalam proses belajar megajar berikutnya.

 

PRINSIP ASSESSMENT

Dalam merancang suatu penilaian pembelajaran perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
  1. Prinsip integral dan komprehensif yakni penilaian dilakukan secara utuh dan menyeluruh terhadap semua aspek pembelajaran, baik pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dan nilai.
  2. Prinsip kesinambungan yakni penilaian dilakukan secara berencana, teru smenerus dan bertahap untuk memperoleh gambaran tentang perkemban gan tingkah laku peserta didik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Untuk memenuhi prinsip ini, kegiatan penilaian harus sudah direncanakan bersamaan dengan kegiatan penyusunan program semester dan dilaksanakan sesuai dengan program yang telah disusun.
  3. Prinsip objektif yakni penilaian dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang handal dan dilaksanakan secara objektif, sehingga dapat menggambarkan kemampuan yang diukur.
  4. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik, sehingga penguasaan terhadap ke tiga kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
  5. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator-indikator dari masingmasing kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran.
  6. Penilaian pembelajaran tematik mencakup penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian proses belajar adalah upaya pemb erian nilai terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik, sedangkan penilaian hasil belajar adalah proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai dengan menggunakan kriteria tertentu. Hasil belajar tersebut pada hakekatnya merupakan kompetensi-kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai. Kompetensi tersebut dapat dikenali melalui sejumlah indikatornya yang dapat diukur dan diamati.
  7. Hasil karya atau hasil kerja peserta didik dapat digunakan sebagai bahan masukan guru dalam mengambil keputusan.
Pada assessment berbasis kelas, suatu penilaian harus memperhatikan beberapa prinsip-prinsip diantaranya:

Mengacu pada pencapaian kompetensi (Competency Referenced)
Penilaian kelas perlu disusun dan dirancang untuk mengukur apakah siswa telah menguasai kemampuan sesuai dengan target yang ditetapkan dalam kurikulum. Materi yang dicakup dalam penilaian kelas harus terkait secara langsung dengan indikator pencapaian kemampuan tersebut. Ruang lingkup materi penilaian disesuaikan dengan tahapan materi yang telah diajarkan serta pengalaman belajar siswa yang diberikan. Materi penugasan atau ulangan harus betul-betul merefleksiksan setiap kemampuan yang ditargetkan untuk dikuasai siswa. Hanya materi yang secara esensial terkait langsung dengan kemampuan yang perlu dicakup dalam penilaian di kelas.

Berkelanjutan (Continous)
Penilaian yang dilakukan di kelas oleh guru harus merupakan proses yang berkelanjutan dalam rangkaian rencana mengajar guru selama satu semester dan tahun ajaran. Rangkaian aktivitas penilaian kelas yang dilakukan guru melalui pemberian tugas, pekerjaan rumah (PR), ulangan harian, ulangan tengah dan akhir semester, serta akhir tahun ajaran merupakan proses yang berkesinambungan dan berkelanjutan selama satu tahun ajaran.

Didaktis
Alat yang akan digunakan untuk penilaian kelas berupa tes maupun non-tes harus dirancang baik isi, format, maupun tata letak (layout) dan tampilannya agar siswa menyenangi dan menikmati kegiatan penilaian. Perancangan bahan penilaian yang kreatif dan menarik dapat mendorong siswa untuk menyelesaikan tugas penilaian, baik yang bersifat individual maupun kelompok dengan penuh antusias dan menyenangkan.

Menggali Informasi
Penilaian kelas yang baik harus dapat memberikan informasi yang cukup bagi guru untuk mengambil keputusan dan umpan balik. Pemilihan metode, teknik, dan alat peniaian yang tepat sangat menentukan jenis informasi yang ingin digali dari proses penilaian kelas.

Melihat yang benar dan yang salah
Dalam melaksanakan penilaian, guru hendaknya melakukan analisis teadap hasil penilaian dan kerja siswa secara seksama untuk melihat adanya kesalahan yang secara umum terjadi pada siswa dan sekaligus melihat hal-hal positif yang dilakukan siswa. Hal-hal positif tersebut dapat berupa, misalnya, jawaban benar yang diberikan siswa diluar perkiraan atau cakupan yang ada pada guru. Siswa yang memiliki kelebihan kecerdasan, pengetahuan, dan pengalaman sangat mungkin memberikan jawaban dan penyelesaian masalah yang tidak tersedia pada bahan yang diajarkan di kelas.

Demikian juga, melihat pola kesalahan yang umum dilakukan siswa dalam menjawab dan menyelesaikan masalah untuk materi serta kompetesi tetentu sangat membantu guru dalam melakukan perbaikan dan penyesuaian dan penyelesaian program belajar mengajar. analisis terhadap kesalahan jawaban dan penyelesaian masalah yang diberikan siswa sangat berguna untuk menghindari terjadinya miskonsepsi dan ketidakjelasan dalam proses pembelajaran. Guru harus hendaknya memberikan penekanan terhadap kesalahan-kesalahan yang bersifat umum tersebut.

 

STRATEGI ASSESSMENT

Asemen Statis Assessment statis adalah assessment yang yang dilakukan berdasarkan pola wakt yang telah ditentukan. Misalnya dilakukan pada awal masuk sekolah atau tahun pelajaran baru, tengah semester dan akhir semester.

Assessment Dinamis Assessment dinamis adalah assessment yang dilakukan tanpa terikat oleh pola waktu. Asesor terus melakukan penilaian, pengukuran dan evaluasi sepanjang perkembangan anak dalam proses belajar atau kehidupannya. Setiap hasil assessment menjadi baseline bagi assessment berikutnya.

Teknik Tekniknya meliputi tes, evaluasi, wawancara, observasi, dan analisis pekerjaan anak. Dalam satu proses assessment, biasanya semua teknik itu digunakan, tidak hanya satu teknik saja.

Langkah-langkah Pokok Assessment
  1. Menyusun rencana assessment
  2. Mengumpulkan data
  3. Melakukan Verifikasi
  4. Mengolah dan menganalisa data
  5. Melakukan penafsiran / interprestasi dan menarik kesimpulan
  6. Menyimpan instrumen dan hasil assessment
  7. Menindak lanjuti hasil assessment
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url