Jurnal Refleksi Seminar PPG Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I

JURNAL REFLEKSI
SEMINAR PENDIDIKAN PROFESI GURU

 
Nama Mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I
Review pengalaman belajar Topik 1
Telaah Perencanaan Pembelajaran dan Perencanaan Asesmen untuk Sekolah Menengah Pada topik ini saya mempelajari bahwa Pemahaman peserta didik dan pembelajarannya menjadi tanggung jawab utama seorang guru saat pembelajaran di kelas dan mempelajari teori belajar seperti teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif sosial, dan teori belajar konstruktivisme.

Topik 2
Implementasi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen untuk Sekolah Menengah. Pada topik ini saya mempelajari cara membuat perancang pembelajaran dan asesmen untuk guru sekolah dasar. Membuat perencanaan terkait dengan perangkat pembelajaran. Maka dalam tahap ini Anda diminta membuat perangkat pembelajaran yang meliputi: RPP, Bahan Ajar, Media Pembeajaran, LKPD, dan Instrumen Penilaian.

Topik 3
Analisis Capaian Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik Pada topik ini saya mempelajari tentang salah satu prinsip yang harus dipenuhi pada saat membuat perencanaan pembelajaran adalah perencanaan pembelajaran harus sesuai dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik. Melakukan observasi di tempat PPL 1. Analisis Capaian Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik.

Topik 4
Lingkungan Kelas yang Aman, Nyaman, dan Berpihak pada Ekosistem Pembelajaran. Pada topik ini saya mempelajari tentang Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. Guru memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak dapat diberi perlakuan yang sama dan mempelajari bagaimana cara menciptakan Lingkungan Kelas yang Aman, Nyaman, dan Berpihak pada Ekosistem Pembelajaran.

Topik 5
Implementasi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Pada topik ini saya mempelajari tentang implementasi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Paradigma Baru dalam Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif di SD.

Topik 6
Laporan Praktik Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif dalam Konteks Pendidikan Pada topik ini saya belajar tentang Laporan Praktik Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif dalam Konteks Pendidikan. Menyusun laporan praktik dan melaporkan.

Topik 7
Refleksi Praktik Pembelajaran dan Asesmen dalam Konteks Pendidikan Pada topik ini melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan asesmen. Refleksi merupakan cara seseorang dalam melihat kembali apa yang telah dilakukan. Refleksi sangat penting karena dapat memberikan kesadaran mengenai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.
Refleksi pengalaman belajar yang dipilih Pada mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif 1, saya memilih pada topik 1 yaitu Telaah Perencanaan Pembelajaran dan Perencanaan Asesmen untuk Pendidikan di Sekolah Menengah. Setelah mempelajari topik ini saya mampu :
1. Mampu menunjukkan pemahaman tentang belajar dan teori-teori belajar.
2. Mampu menjelaskan dengan bahasa sendiri dan pemahaman mengenai motivasi belajar.
3. Menunjukkan kesiapan belajar dengan pola pikir yang bertumbuh (growth-mindset)
Analisis artefak pembelajaran Analisis artefak dalam belajar Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif di Sekolah Menengah. Pada saat berkelompok dan presentasi dalam kelas, dengan Tanya jawab saat presentasi memperkaya materi tidak hanya yang bertanya tetapi juga yang menyimak dalam diskusi.
Mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif di Sekolah Menengah ini memiliki beberapa topik yang telah meninggalkan artefak pembelajaran yang akan saya lampirkan pada link google drive sebagai berikut :
Google Drive
Pembelajaran bermakna (good practices) Pembelajaran bermakna yang saya dapatkan dalam Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif di Sekolah Menengah yaitu Membuat perencanaan terkait dengan Perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Dengan pengetahuan tersebut saya merasa lebih paham dalam mempersiapkan pembuatan perangkat pembelajaran sebelum melakukan proses pembelajaran. Dan pentingnya melakukan asesmen di awal dan di akhir kepada peserta didik pada saat pembelajaran
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org