Sistem dan Prosedur PPL


Mahasiswa PPG yang kami banggakan,

Pada bagian ini, Saudara akan mempelajari sistem pelaksanaan dan penilaian PPL beserta jadwal dan prosedur pelaksanaannya. Satu hal yang ditekankan pada PPL PPG Prajab ini adalah kegiatan refleksi. Kegiatan ini sangat penting terhadap pengalaman. Untuk kegiatan PPL ini tentunya pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kegiatan ini juga akan mengasah keterampilan berefleksi yang merupakan salah satu atribut dari guru abad ke-21. Oleh karena itu, Saudara perlu memastikan bahwa kegiatan ini selalu dilaksanakan pada setiap tahap kegiatan PPL.

Untuk memberikan gambaran tentang kegiatan refleksi, silakan Saudara jawab pertanyaan ini dalam bentuk paragraf dan hasil refleksi singkat mengenai pengalaman PPL Saudara saat di program strata 1. Setelah selesai menuliskan refleksi, sila unggah ke box diskusi yang tersedia.

  1. Pada semester berapa PPL dilakukan dan berapa lama?
  2. Apa saja kegiatan yang dilakukan selama PPL?
  3. Pengalaman berharga apa yang Saudara peroleh saat PPL terkait peran Saudara sebagai calon guru?
  • Pada semester berapa PPL dilakukan dan berapa lama?

Pelaksanaan PPL saat di Program strata 1 dilaksanakan pada semester 7 dan dilakukan selama 2 bulan di SMP Negeri 1 Karanganom.

  • Apa saja kegiatan yang dilakukan selama PPL?

Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain :

  1. Kegiatan observasi dan orientasi terbimbing di depan kelas. 
  2. Kegiatan praktik dan Latihan Pembelajaran. 
  3. Pembelajaran terbimbing di depan kelas. 
  4. Kegiatan non praktik Pembelajaran. 
  5. Pelaporan Pelaksanaan.
  • Pengalaman berharga apa yang Saudara peroleh saat PPL terkait peran Saudara sebagai calon guru?

Saat di Program strata 1 saya melaksanakan PPL di SMP Negeri 1 Karanganom, dari pelaksanaan PPL tersebut banyak pengalaman berharga yang saya peroleh saat PPL seperti bagaimana menghadapi siswa secara langsung yang mana sangat berbeda dari pada waktu kuliah micro teaching, keberagaman karakter setiap siswa menjadikan tantangan dalam pengelolaan sebuah kelas, selain itu saya juga dapat belajar untuk mengembangkan media pembelajaran yang interaktif agar dapat menarik minat belajar siswa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org