Dokumentasi Asistensi Mengajar PPL 1

DOKUMENTASI ASISTENSI MENGAJAR PPL 1

SMA NEGERI 1 KLATEN


A. Asistensi Mengajar
Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal. Pada kegiatan asistensi mengajar di SMA N 1 Klaten, mahasiswa PPG membantu Guru Pamonhg melaksanakan tugas keguruan di sekolah. Pada tahap ini, mahasiswa melaksanakan kegiatan asistensi mengajar di sekolah berdasarkan rencana yang telah disiapkan pada pembekalan asistensi mengajar di bawah bimbingan Dosen Pembimbing dan Guru Pamong. Kegiatan Asistensi Mengajar meliputi: (1) kegiatan akademik (penyusunan perangkat pembelajaran dan mengajar), (2) adaptasi teknologi dalam pembelajaran (pembuatan perangkat pembelajaran berbasis teknologi), (3) administrasi guru/sekolah (4) kegiatan nonakademik, dan (5) kegiatan lain yang relevan.
  • Mahasiswa melaksanakan kegiatan asistensi mengajar dengan membantu GP dalam:
    • melaksanakan pembelajaran di kelas atau di luar kelas, misalnya membantu GP mengatur kelompok belajar, membagikan Lembar Kerja Peserta Didik, atau mengoreksi hasil tes peserta didik.
    • Mahasiswa mencatat dan mendokumentasikan semua bentuk kegiatan asistensi mengajar yang dilakukan.
    • Mahasiswa melakukan refleksi atas hasil kegiatan asistensi mengajar dan mendiskusikannya dengan GP dan DPL untuk membuat RTL
  • GP dan DPL memberikan beberapa tugas yang kami laksanakan untuk mempersiapkan diri disaat saya dan teman-teman akan melakukan peraktek pembelajaran terbimbing, yaitu:
    • Membuat Modul Ajar dengan panduan Modul Ajar dari Guru Pamong sesuai modul ajar Kurikulum Merdeka, Guru Pamong membimbing dalam penyusunan modul ajar.
    • Pamong membagi kelas per mahasiswa sebagai tanggung jawab terbimbing.
  • Membantu jadwal piket Guru Pamong maupun piket sekolah berdasarkan ruangan per post untuk mahasiswa PPG Prajabatan di sekolah mitra
B. Catatan Dalam Kegiatan Asistensi
Berdasarkan kegiatan asistensi yang dilakukan pada pelaksanaan PPL I di SMA Negeri 1 Klaten dengan guru pamong mata pelajaran Matematika Ibu Herry Novis Damayanti, S.Si, M.Pd, Dapat diambil poin-poin penting yang harus diperhatikan adalah:
  1. Asisten mengajar di satuan pendidikan menjadi salah satu sarana belajar secara langsung bagi mahasiswa Pendidikan Biologi untuk lebih mengenal kondisi siswa dan kondisi kelas secara keseluruhan.
  2. Mempersiapkan Modul Ajar dengan menyesuaikan perangkat pembelajaran yang ada disekolah yaitu kurikulum merdeka.
  3. Memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan siswa di lapangan dengan memperhatikan karakteristik siswa, kemampuan siswa beserta kebutuhan siswa.
  4. Menyusun materi yang sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai.
  5. Menyusun instrumen penilaian yang sesuai dengan apa yang akan dinilai.
  6. Pentingnya pengelolaan waktu. 

C. Rencana Tindak Lanjut
  1. Melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan peserta didik.
  2. Mengelola waktu sebaik mungkin saat melakukan kegiatan pembelajaran agar konten yang disusun dapat terlaksanakan dengan baik dan sesuai Modul Ajar.
  3. Menyampaikan materi dengan seefisien mungkin dikelas.
  4. Menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan.
  5. Melaksanakan asesmen holistik (menyeluruh) baik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
  6. Menyusun rubrik penilaian yang objektif untuk peserta didik.
  7. Membiasakan melakukan evaluasi saat pembelajaran dan setelah pembelajaran.
  8. Melakukan refleksi dari pembelajaran baik guru dan siswa, agar mengetahui kelebihan dan kekurangan dan dapat menjadi umpan balik untuk melakukan perbaikan, agar pembelajaran bisa terlaksana dengan efektif dan efisien.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org