Aksi Nyata Topik 2 Pembelajaran Berdiferensiasi

Aksi Nyata Topik 2 Pembelajaran Berdiferensiasi

Anda telah mempelajari teori tentang apa itu aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi. Anda boleh merefleksikan tentang apa yang sudah Anda pelajari dan akan lakukan. Semoga pembelajaran tentang topik ini banyak memberikan efek positif bagi Anda untuk melakukan pembelajaran yang lebih baik lagi. 

Refleksi aksi nyata:

1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

Ya saya puas dengan proses belajar dari topik ini, karena dari topik ini saya dapat banyak belajar tentang konten, proses, produk, lingkungan belajar dengan keberagaman individu yang ada di lingkungan. Topik ini juga memberikan ilmu pada pendidik agar dapat memahami perbedaan minat dan bakat pada setiap individu murid serta media apa yang peserta didik butuhkan. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing peserta didik.

2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Ide yang ingin saya coba terapkan untuk anak didik di kelas saya adalah mencoba menerapkan aspek-aspek yang telah saya coba pahami dan pelajari dengan melakukan pengamatan pada anak didik serta memberikan metode  pembelajaran yang masuk akal sesuai kebutuhan para peserta didik serta penilaian yang berbeda-beda karena setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menyelesaikan tugas mereka. Pada intinya kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid, dan manajemen kelas efektif dan efisien untuk kedua belah pihak.

3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

Tahap awal yang perlu di lakukan adalah melakukan pengamatan terhadap peserta didik dengan berbagai karakteristik sebelum melakukan dan menerapkan metode pembelajaran alangkah baiknya jika mengetahui minat dan kebutuhan para pesrta didik dengan melakukan pemetaan dengan 3 aspek yaitu kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar peserta didik dengan metode wawancara, observasi, atau survey pilihan jawaban dll. Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan (memberikan berbagai pilihan baik dari strategi, materi, maupun cara belajar) Mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.

 4. Apa yang melatarbelakanginya?

Teori Gaya Belajar Howard Gardner: Teori ini menyatakan bahwa setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda dan perlu diakomodasi dalam pembelajaran. Teori Kemampuan Intelektual Howard Gardner: Teori ini menyatakan bahwa setiap individu memiliki kemampuan intelektual yang berbeda dan perlu diakomodasi dalam pembelajaran. Teori Multiple Intelligence Howard Gardner: Teori ini menyatakan bahwa setiap individu memiliki kemampuan intelektual yang berbeda dan perlu diakomodasi dalam pembelajaran

5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

Memberikan kemudahan terhadap proses belajar peserta didik menyediakan media pembelajaran yang masuk akal dan di minati para peserta didik agar dapat belajar dengan efektif dan efisien. Dengan adanya pembelajaran diferensiasi yang mempunyai aspek konten, proses, dan produk diharapkan peserta didik dapat bebas bereksplorasi sesuai dengan minat belajar mereka.

6. Apa indikator keberhasilannya?

Indikator keberhasilan proses pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatan hasil belajar siswa dalam berbagai aspek, seperti penguasaan konsep, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi
  2. Peningkatan kemampuan siswa dalam belajar secara mandiri
  3. Peningkatan kreativitas dan inovasi siswa
  4. Tingkat partisipasi siswa yang lebih tinggi dalam kelas
  5. Peningkatan kualitas interaksi antara siswa dan guru

7. Bagaimana langkahnya?

  1. Menentukan tujuan pembelajaran
  2. Memetakan kebutuhan belajar peserta didik seperti kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar
  3. Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan dengan memberikan berbagai pilihan strategi, materi, maupun cara belajar
  4. Membuat modul ajar
  5. Melakukan evaluasi dan perbaikan

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org