Mulai Dari Diri Topik 3 Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I di Sekolah Menengah

MULAI DARI DIRI – TOPIK 3

Pendahuluan

1. Bagaimana strategi untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan  peserta didik? 

Strategi yang digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan peserta  didik adalah melalui assesmen diagnostik. Asesmen diagnostik merupakan penilaian  yang digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan peserta didik dalam  menguasai materi atau kompetensi tertentu serta penyebabnya. Hasil asesmen  diagnostik dapat digunakan sebagai dasar untuk memberikan tindak lanjut berupa  perlakuan (intervensi) yang tepat dan sesuai dengan kelemahan peserta didik. Tindak  lanjut dari asesmen diagnostik ini disesuaikan dengan aspek yang dinilai pada asesmen.  Fungsi tes diagnostik ini adalah mengidentifikasi masalah atau kesulitan belajar yang  dialami siswa. Tidak hanya itu asesmen diagnostik juga dapat membantu guru dalam  merencanakan pembelajaran yang efisien. Memperoleh informasi yang lengkap tentang  siswa (kelebihan, kesulitan belajar) dan membantu merancang baseline untuk asesmen  belajar lebih lanjut. Ada banyak cara yang bisa digunakan antara lain :

  1. Observasi langsung
  2. Tes tertulis atau praktik
  3. Diskusi kelompok
  4. Analisis portofolio
  5. Wawancara
  6. Survei kepuasan.

2. Bagaimana strategi merencanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan  karakteristik peserta didik? 

Strategi merencanakan pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik merupakan salah satu  semangat dalam merdeka belajar, di mana pengajaran pada peserta didik disesuaikan  dengan tingkat capaian dan kemampuan awal mereka. Strategi penyesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik diantaranya:

  1. Melengkapi ruang lingkup materi pembelajaran.

Ruang lingkup materi yang dimaksud adalah mengenai materi apa yang akan disampaikan oleh pendidik di dalam suatu kelas atau apa yang akan dipelajari oleh peserta didik di kelas. Tujuan dari lingkup materi adalah untuk memfasilitasi peserta didik yang memiliki kesiapan belajar, minat belajar dan tingkat penguatan kompetensi yang berbeda-beda.

  • Menyesuaikan proses pembelajaran.

Di dalam pembelajaran, seorang pendidik haruslah menyesuaikan proses pembelajaran sesuai dengan materi apa yang akan diajarkan untuk menambah pengalaman dan pemahaman belajar peserta didik.

  • Menyesuaikan produk hasil belajar.

Hal ini bertujuan agar peserta didik bisa menunjukkan pemahaman dan penerapannya, memperlihatkan kepemilikan akan produk yang dibuatnya. Sehingga peserta didik merasa termotivasi dan dapat bertanggung jawab dengan produk yang telah dibuat.

  • Mengondisikan lingkungan belajar.

Lingkungan belajar ini meliputi susunan tempat duduk di dalam kelas baik secara personal, sosial maupun fisik. Lingkungan belajar juga harus disesuaikan dengan kesiapan minat belajar peserta didik. hal ini bertujuan untuk memberikan dukungan keleluasaan pada peserta didik, memberikan kenyamanan dan keamanan belajar. Sehingga peserta didik merasa senang ketika melaksanakan pembelajaran.

3. Bagaimana semestinya melaksanakan pembelajaran dengan tingkat capaian dan  karakteristik peserta didik? 

Pembelajaran yang dilakukan pada sekarang ini adalah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan memperhatikan capaian pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Untuk melakukan pembelajaran seperti ini tentu ada beberapa langkah yang harus diterapkan oleh pendidik. Langkah tersebut diantaranya adalah pendidik harus melakukan asesmen guna mengetahui kebutuhan dan level belajar peserta didik. asesmen ini berupa asesmen diagnostik kognitif yang dilakukan di awal pembelajaran. Setelah di dapatkannya data, pendidik memngelompokkan kelas tersbut menjadi beberapa kelompok sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Pendidik selanjutnya memberikan intervensi pengajaran dan beragam aktivitas pembelajaran sesuai dengan level pembelajaran tersebut. Pendidik disini juga perlu memberikan mengajarkan kemampuan dasar yang perlu dimilki oleh peserta didik dan menelusuri kemajuannya

4. Jelaskan seperti apa penyesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan  karakteristik peserta didik! 

Penyesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik itu seperti pembelajaran paradigma baru yang berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu pembelajaran ini disesuaikan dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik. penyesuaian ini tidak berarti pendidik harus menyusun beberapa modul ajar untuk mengakomodasi kebutuhan belajar yang berbeda. Pendidik cukup menyusun satu modul ajar dengan kegiatan pembelajaran yang dilengkapi dengan petuntuk penyesuaian terhadap tahapan capaian dan karakteristik peserta didik. Ada delapan langkah untuk menyesuaiakan pembelajaran peran pendidik secara umum, yakni:

  • Aktif mencari dan mendengarkan pendapat, pertanyaan, sudut pandang, aspirasi dari peserta didiknya.
  • Membuka kesempatan untuk mengeksplorasi diri dan dunia dengan memberikan pertanyaan dan tugas terbuka.
  • Memberikan pertolongan dan juga tantangan bagi peserta didik yang membutuhkan.
  • Memberikan umpan balik dan kesempatan bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik kepada diri dan satu sama lain.
  • Melibatkan peserta didik untuk memngambil keputusan apa, mengapa, bagaimana, mereka belajar. Peserta didik berlaku sebagai kolaborator dalam komunitas belajarnya.
  • Mengkomunikasikan ekspetasi dengan jelas kepada peserta didik. Pemahaman yang ingin dipelajari, keterampilan yang ingin dimiliki dan profil pelajar yang dituju.
  • Membuat keseooakatan bersama dengan peserta didik agar saling menghormati dan membangun rasa percaya satu sama lain.
  • Membangun rutinitas keseharian dengan membiasakan budaya positif, dan konsisten menjadi teladan bagi peserta didik.

Membuat Pertanyaan untuk Mengidentifikasi Karakteristik

Para mahasiswa yang hebat. Berikutnya, silakan Anda tuliskan sekurang-kurangnya lima pertanyaan yang akan Anda ajukan kepada peserta didik Anda untuk mengidentifikasi karakteristik mereka sehingga pada tahap berikutnya Anda dapat menyesuaikan proses pembelajaran yang Anda lakukan dengan karakteristik peserta didik Anda.

  1. Bagiamana keseharian anda belajar apakah dengan melihat gambar, mendengarkan atau dengan sambil beraktifitas?
  2. Apa hobi, minat dan kekuatan yang anda miliki?
  3. Apa yang membuat anda bersemangat dalam mengikuti pembelajaran?
  4. Proses pembelajaran yang seperti apa yang anda senangi apakah dengan mendengarkan guru, berdiskusi, pengamatan langsung, dengan video ataupun yang lainnya?
  5. Sebutkan salah satu kompetensi anda dan yang ingin anda kembangkan nantinya?

Ekspektasi

Ketika Anda mempelajari sesuatu, tentunya Anda memiliki ekspektasi tertentu tentang apa yang sedang Anda pelajari. Tuliskan ekspektasi Anda setelah mempelajari topik ini.

Setelah saya mempelajari topik ini, saya ingin:

  1. mampu memahami setiap kebutuhan dan karakteristik siswa,
  2. mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan karakteristik mereka,
  3. mampu menyediakan metode pembelajaran yang bervariatif dan menyenangkan untuk menunjang proses pembelajaran mereka dengan mempertimbangkan gaya belajar dan minatnya,
  4. mampu merancang dan melaksanakan asesmen yang tepat dan efektif sesuai dengan karakteristik peserta didik,
  5. mampu memberikan umpan balik yang konstruktif,
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org