Mulai Dari Diri Topik 2 Pembelajaran Berdiferensiasi


Mulai Dari Diri

Question #1

Pikirkan tentang sebuah mata kuliah atau seorang dosen yang Anda sukai, mengapa Anda menyukai dosen/materi tersebut?

Mata kuliah yang saya sukai salah satunya adalah Pembelajaran Berdiferensiasi, karena mata kuliah ini merupakan sesuatu yang baru bagi saya  sehingga saya merasa tertantang untuk mempelajari dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas.

Question #2

Apakah materi yang disampaikan oleh dosen sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Mengapa?

Materi yang disammpaikan oleh dosen sangat sesuai  dengan kebutuhan saya, karena penyampaian materi yang jelas sehingga mudah dipahami.

Question #3

Saat pembelajaran berlangsung, Anda menyadari bahwa kemampuan teman-teman di kelas berbeda-beda. Apa yang harus Anda lakukan untuk menghadapi teman-teman dengan kemampuan berbeda-beda?

  1. Saling Memahami. Saat menghadapi perbedaan, tentu penting untuk memiliki sikap saling memahami
  2. Menghargai. Selain sikap memahami, penting juga memiliki sikap saling menghargai perbedaan yang ada
  3. Tidak Memaksakan Kehendak
  4. Musyawarah Mufakat.

Question #4

Anda melihat minat belajar teman-teman berbeda-beda, ketika dosen memberikan tugas, ternyata mereka mengerjakan tugas berbeda-beda pula. Bagaimana Anda melihat keberagaman tugas teman Anda?

Dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pastinya setiap individu mempunyai pemikiran dan cara pengerjaan yang berbeda-beda, hal itu menurut saya wajar sehingga kita harus menghargai perbedaan yang ada. Sebagai contoh dalam mengerjakan soal matematika ada banyak cara berbeda-beda yang bisa untuk mengerjakan soal tersebut, namun jika dikerjakan dengan benar akan mendapatkan hasil yang sama.

Question #5

Anda lebih suka belajar dan mengerjakan tugas kampus di kafe, sementara teman Anda merasa kurang nyaman, karena berisik dengan live show yang diadakan kafe. Teman Anda merasa nyaman belajar di perpustakaan kampus, karena suasananya yang tenang. Apakah teman Anda salah jika tidak ikut belajar bersama Anda? Mengapa?

Sebenarnya teman saya tidak salah, karena pada dasarnya belajar itu membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga saat mengadakan belajar bersama sebaiknya bermusyawarah dulu perihal tempat belajarnya sehingga semua pihak bisa ikut belajar bersama dan tidak egois memaksakan kehendak sendiri.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org