Mulai dari Diri Topik 2 Filosofi Pendidikan Indonesia

Filosofi Pendidikan Indonesia 


Pertanyaan panduan tulisan reflektif kritis terkait konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan:

  • Apa yang Anda ketahui dan pahami dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan dan pengajaran?
  • Apa relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan saat Anda bersekolah?
  • Apakah Anda merasa memiliki kemerdekaan belajar ketika Anda menjadi peserta didik? Apakah Anda juga merasa memiliki kemerdekaan belajar ketika Anda memilih profesi guru?

Catatan Penting:
Maknai dan hayati pilihan Anda menjadi guru dalam menuliskan tulisan reflektif-kritis. Hindari perihal teknis seperti tidak tersedianya buku ajar bagi peserta didik, masih berstatus guru honorer dsb-nya. Fokus pada pilihan Anda menjadi guru.

Response :

  • Pengajaran menurut Ki Hadjar Dewantara adalah bagian dari pendidikan. Pengajaran merupakan proses pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Sedangkan pendidikan adalah memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
  • Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan saat saya bersekolah yaitu pada implementasi pendidik. Beberapa guru saya dulu masuk ke kelas hanya sekedar mengajar materi saja, setelah selesai kewajiban, beliau meninggalkan kelas. Akan tetapi ada beberapa guru saya yang benar-benar mendidik. Tak hanya sekedar memberikan materi pembelajaran sesuai bidang, namun juga memberikan ilmu hidup sebagai bekal kita dewasa kelak. Tak hanya itu, penjelasan materi tidak hanya mencakup teori, melainkan bagaimana pengimplementasiannya di kemudian hari.
  • Ketika saya menjadi peserta didik, saya belum memiliki kemerdekaan dalam belajar. Pada saat itu saya hanya belajar sesuai dengan arahan dari guru. Kemudian ketika saya belajar di PPG Prajabatan ini, saya merasa telah merdeka belajar. Saya dapat belajar dimana saja, dengan sumber yang begitu luas.

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik dan pada peserta didik Anda setelah mempelajari topik ini?

untuk diri sendiri:

Response :

Harapan saya sebagai pendidik adalah berusaha menerapkan seluruh filosofi, konsep dan peta fikiran dai pembelajaran Ki Hajar Dewantara di sekolah. Saya juga berharap bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan maksimal, baik hasil dari nilai kognitif motorik, dan psikomotorik peserta didik. Serta sebagai seorang pendidik dapat menumbuhkan karakter pada peserta didik. Sehingga memiliki budi peerti yang baik, dapat menjadi pendidik yang dirindukan oleh peserta didik baik hari ini maupun ketika mereka sudah dewasa

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik dan pada peserta didik Anda setelah mempelajari topik ini?

untuk peserta didik:

Response :

Harapan saya untuk peserta didik setelah mempelajari topik ini adalah memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, dapat mengembangkangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan bakat dan minatnya. Peserta didik dapat merasakan belajar dengan aman dan nyaman, memiliki karakter pelajar pancasila. Mampu berpikiran terbuka serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam topik ini?

untuk diri sendiri:

Response :

  • Kegiatan saya harapkan ada dalam topik ini, yaitu kegiatan yang mengimplementasikan pemikiran-pemikiran Kihajar Dewantara di masa dulu dan diaplikasikan ke dalam pembelajaran saat ini yang berpusat pada peserta didik melalui kegiatan eksplorasi konsep materi, kegiatan kolaborasi pendapat antar guru dan juga refleksi pada diri sendiri.
  • Materi yang saya harapkan ada dalam topik ini, yaitu materi yang memudahkan saya dalam merealisasikan pembelajaran bermakna dan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan dari Ki Hajar Dewantara serta penerapan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara berdasarkan sosio-kultural tempat tinggal.
  • Manfaat yang saya harapkan ada dalam topik ini adalah saya dapat menerapkan konsep pembelajaran sesuai filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam pemvelajaran secara nyata di kelas dan memahami esensi pendidikan

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam topik ini?

untuk peserta didik:

Response :

Yang saya harapkan untuk peserta didik yaitu dapat membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran. Mengembangkan kompetensi sesuai dengan minat, bakat dan karakteristik masing-masing individu. Meningkatkan keaktifan peserta didik dalam setiap materi pelajaran dan memberikan stimulus bagi peserta didik untuk dapat bekerja sama dalam berdiskusi kelompok.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url