Mulai dari Diri Topik 1 Proyek Kepemimpinan 1

Mulai dari Diri Topik 1 Proyek Kepemimpinan 1

Halo semua, pada artikel kali ini saya ingin membagikan contoh jawaban. Mulai dari Diri – Visi Guru Profesional pada Topik 1 Proyek Kepemimpinan 1

Tugas 1 – Kondisi pendidikan di Indonesia

Question #1

Buatlah SATU paragraf pada tempat yang disediakan di bawah ini, sebagai respon Anda atas pertanyaan berikut: Bagaimanakah kondisi pendidikan di Indonesia saat ini?

Pendidikan yang diterapkankan di indonesia ini banyak yang tetap membentuk mentalitas pengikut atau karyawan dibandingkan mentalitas pejuang atau mandiri. Belum lagi menurut saya kondisi pendidikan Indonesia terlalu kaku, terlalu banyak kebijakan dan kurikulum yang tidak matang namun sudah diresmikan.

Question #2

Refleksi: Baca kembali apa yang telah Anda tuliskan, telaah sejenak, apakah respon Anda itu cenderung positif, netral, atau negatif? Menurut Anda, apa yang membuat Anda memberikan respon seperti itu? Jika kecenderungannya positif, coba pikirkan apa saja tantangan yang harus kita lampaui untuk terus meningkatkan banyaknya keadaan positif. Jika kecenderungannya negatif, coba pikirkan apa/upaya yang perlu kita apresiasi dan kuatkan. Sehingga dapat membantu kita untuk terus mengurangi banyaknya keadaan negatif.


Respon saya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia saat ini cenderung negatif.

Hal yang membuat saya memberikan respon seperti itu karena dari dulu hingga saat ini tujuan dan mental dari peserta didik yaitu supaya ketika sudah lulus sekolah bisa bekerja di sebuah perusahaan yang bagus, jadi seolah pendidikan di Indonesia itu untuk mencetak budak. Kurikulum yang terlalu selalu berubah juga menunjukkan bahwa kurang matangnya pendidikan di Indonesia.

Upaya yang perlu kita apresiasi dan kuatkan sehingga dapat membantu kita untuk terus mengurangi banyaknya keadaan negatif antara lain. Menanamkan mental pejuang dan mandiri kepada peserta didik supaya tidak mudah dibodohi, tidak mudah menyerah, dan tidak mudah menyerah ketika potensi hidup itu banyak. Jangan sampai generasi anak atau cucu saya kelak, pengajaran di sekolah atau universitas masih seperti itu terus. Pengajar merasa paling benar atau yang diajar tunduk begitu saja. Selain itu menurut saya Kurikulum Merdeka ini sudah bagus dan bisa membentuk mental pejuang dan mandiri. Semoga saja tidak berganti lagi dengan cepat karena urusan politik.

Tugas 2 – Melengkapi kalimat menjadi paragraf

Dalam tugas ini, Anda akan diminta untuk mengartikulasikan harapan dan ide-ide mengenai keadaan peserta didik dan sekolah yang Anda impikan dengan melanjutkan kalimat-kalimat yang belum selesai pada kotak di bawah ini. Nikmati proses pembuatannya. Pilih kosa kata dan diksi yang dapat menyemangati dan menguatkan peran Anda sebagai guru profesional ketika dibaca kembali.

Question #3

Saya memimpikan peserta didik yang…

Saya memimpikan peserta didik yang kreatif, mandiri dan bernalar kritis sehingga dengan nilai-nilai yang dimilikinya mampu menjadikan peserta didik yang memiliki life skill abad 21,dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta bermanfaat di manapun dia berada.

Question #4

Saya percaya bahwa peserta didik adalah…

Saya percaya bahwa peserta didik adalah anak-anak yang unik, yang memiliki keistimewaan dan bakat terpendam serta mengutamakan pendidikan karakter yang mengacu pada profil pelajar Pancasila.

Question #5

Saya pun memimpikan peserta didik saya benar-benar sadar bahwa diri mereka adalah…

Saya pun memimpikan peserta didik saya benar-benar sadar bahwa mereka hidup di abad 21 yang membutuhkan pendidikan di sekolah sebagai jembatan untuk masa depan mereka menjadi manusia yang luhur berprofil Pancasila dan bermanfaat di semua lingkungan serta mempunyai motivasi yang tinggi, cerdas, kreativ dan berkarakter luhur.

Question #6

Dalam mendidik mereka di sekolah, saya mengutamakan…

Dalam mendidik mereka di sekolah, saya mengutamakan keaktifan siswa serta menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran dan mampu berinovasi serta mempunyai keyakinan untuk melakukan perubahan yang di mulai dari dirinya sendiri

Question #7

Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk…

Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk melakukan perubahan guna mewujudkan murid berprofil Pancasila. Dengan cara menuntun murid sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara dan mau meningkatkan kompetensinya di semua bidang

Question #8

Oleh karena itu, saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa kami perlu meningkatkan kemampuan kami dalam…

Paham bahwa kami perlu meningkatkan kemampuan kami dalam melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengutamakan keaktifan siswa. Serta menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran. Mampu berinovasi serta mempunyai keyakinan untuk melakukan perubahan yang di mulai dari diri sendiri serta mempelajari teknologi terbaru yang bermanfaat dalam dunia pendidikan.

*latihan ini diambil dari “Paket Modul 1: Visi Guru Penggerak” (Dharma, 2021).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url