LK 5 Eksplorasi Konsep Topik 3 Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I di Sekolah Menengah

LEMBAR KERJA 2

KESESUAIAN PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT CAPAIAN DAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

Berdasarkan video 2 yang telah Anda saksikan. Refleksikan bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi di mana guru berusaha menyesuaikan pembelajarannya dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik.

  1. Mengapa guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok? Kemukakan pendapat Anda mengenai alasan guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Dan jelaskan pula apa saja pertimbangan yang dijadikan dasar pembagian kelompok tersebut.
    • Pada video yang dipaparkan tersebut. Alasan guru membagikan kelas menjadi beberapa kelompok adalah agar peserta didik belajar dan berkolaborasi dengan teman yang mempunyai kesamaan karakteristik. Sehingga mempermudah mereka dalam belajar karena teman-temannya mempunyai karakteristik yang sama. Selain itu, pembagian kelompok ini juga dapat memudahkan guru dalam memberikan proses pembelajaran yang sesuai dan tepat. Pembagian kelompok tersebut didasarkan dengan karakteristik gaya belajar peserta didik. Kelompok 1 dengan gaya belajar auditori, kelompok 2 dengan gaya belajar visual, dan kelompok 3 dan 4 dengan gaya belajar kinestetik.
  2. Pembelajaran berdiferensiasi pada dasarnya dilakukan melalui tiga pendekatan, yaitu konten, proses, dan produk. Jelaskan pendapat Anda alasan guru perlu menyesuaikan ketiga hal tersebut dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik.
    • Guru perlu menyesuaikan ketiga hal tersebut dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik adalah untuk memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didik yang memiliki perbedaan karakteristik dan dipetakan sesuai dengan kesiapan  belajar, minat dan profil belajar peserta didik. Karena beragam nya karakteristik peserta didik, maka hal ini dapat dijadikan patokan atau pedoman awal bagi pendidik untuk menentukan strategi pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran berjalan dengan menyenangkan dan tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik. Penyesuaian konten juga dilakukan guna memilih materi dan strategi yang tepat untuk diterapkan di dalam sebuah pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat memperoleh materi sesuai dengan kebutuhannya. Kemudian penyesuaian proses juga penting dilakukan agar seluruh proses pembelajaran berjalan dengan semestinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dan yang terakhir adalah penyesuaian produk, hal ini agar peserta didik dapat menentukan produk apa yang akan dibuat dan di presentasi kan. Selain itu juga agar pendidik lebih mudah mengetahui dan membuat produk pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
  3. Untuk menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik peserta didik. Sebelum pembelajaran berlangsung guru perlu memetakan peserta didik berdasarkan tiga karakteristik yang berbeda, yaitu profil belajar, minat, dan kesiapan belajar. Jelaskan bagaimana strategi guru untuk memetakan ketiga karakteristik tersebut!
    • Sebelum melaksanakan pembelajaran tentunya pendidik akan memetakan peserta didik sesuai dengan karakteristik peserta didik yakni kesiapan belajar, minat dan profil belajar peserta didik. Tentunya ada strategi yang harus dirancang dan dilaksanakan oleh pendidik untuk memetakan peserta didik, diantaranya:
      • Melaksanakan asesmen diagnostik baik kognitif maupun nonkognitif secara berkala.
      • Memberikan apresiasi di awal pembelajaran. Misalnya dengan memberikan pertanyaan mengenai materi yang telah di bahas sebelumnya ataupun pertanyaan pematik.
      • Melaksanakan observasi terhadap peserta didik. hal ini dapat dilakukan dengan teknik wawancara ataupun pemberian kuisioner kepada peserta didik.
      • Melihat hasil belajar pada materi sebelumnya.
  4. Menurut Anda mengapa pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang memiliki karakteristik berbeda-beda? Anda dapat menjelaskan koneksi antara pembelajaran berdiferensiasi dengan kebutuhan belajar peserta didik, misalnya berdasarkan gaya belajar mereka: visual, auditori, dan kinestik.
    • Menurut saya, pembelajaran berdiferensiasi dilakukan setelah guru memetakan kebutuhan belajar peserta didik, sehingga dalam prosesnya pembelajaran dilakukan berdasarkan dengan pemetaan tersebut. Pada video pembelajaran yang telah disampaikan. Misalnya, guru melakukan pembelajaran berdiferensiasi setelah guru memetakan kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda contohnya gaya belajar mereka. Ada peserta didik dengan gaya belajar audiotori, visual dan kinestetik. Dengan mengetahui data tersebut, guru ingin tujuan pembelajaran yang dilakukan dapat tercapai dengan tidak mengesampingkan gaya belajar mereka yang berbeda-beda. Dengan demikian, guru tidak bisa memberikan perlakuan yang sama sehingga guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan dengan gaya belajar mereka.
    • Dalam video yang disampaikan, guru melakukan diferensiasi proses dan produk. Diferensiasi proses dilakukan guru dengan membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing kategori berdasarkan dengan gaya belajar mereka. Kelompok 1 dengan peserta didik gaya belajar auditori. Kelompok 2 dengan gaya belajar visual, dan kelompok lainnya dengan gaya belajar kinestetik.
  5. Menurut Anda apakah pembelajaran yang telah Anda amati dan simak melalui video 2 tersebut telah sesuai dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik? Kemukakan penjelasan Anda secara detail dan jelas!
    • Menurut saya, tindakan yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut sudah sesuai dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik. Hal ini dikarenakan pendidik telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan strategi dan metode yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Strategi ini bisa dilihat ketika melaksanakan proses pembelajaran pendidik memetakan atau mengelompokkan peserta didik sesuai dengan karakteristik mereka, yang dalam hal ini dipetakan sesuai gaya belajar dan minat peserta didik. Sehingga pendidik memberikan perlakuan yang berbeda pada masing masing kelompok. Misalkan kelompok kinestetik, mereka diminta untuk mengamati gambar yang telah di telmpel oleh pendidik, tetapi berbeda dengan kelompok auditori dan visual. Mereka tidak diminta untuk mengamati hal tersenbut. Dari sinilah sudah terlihat bahwa pendidik telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang berpusat pada peserta didik.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org