Keutamaan Surat Al-Waqiah Membuka Jalannya Rezeki


Setiap surat dalam Al Quran memiliki keutamaan, begitu pula dengan surat Al-Waqiah. Surat ini dikenal dengan keutamaannya yang dapat memperlancar rezeki bagi para pembacanya.

Dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi, “Barangsiapa membaca Al-Waqiah setiap malam, maka dia tidak jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi). Tidak hanya itu, ada banyak keutamaan dari surat Al-Waqiah lainnya yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah keutamaan membaca surat Al-Waqiah yang bisa kamu amalkan.

Keutamaan Membaca Surah Al Waqiah

Jika membaca surat Al-Waqiah secara rutin dapat memberikan rasa tenang dalam jiwa. Selain itu, masih banyak keutamaan surat Al-Waqiah lainnya, apa saja? Simak informasinya berikut ini!

1. Terhindar dari Kemiskinan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keutamaan surat Al-Waqiah yang paling utama adalah dapat terhindar dari kemiskinan. Apabila seseorang membiasakan diri membaca Al-Waqiah satu kali setiap malam, maka akan mendapatkan pahala yang besar dan dapat dijauhkan dari kemiskinan.

Seperti yang telah dijelaskan dalam hadis yang berbunyi:

“Ajarkanlah surat Al-Waqiah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surat Kekayaan.” (HR Ibnu Ady).

2. Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat

Surat Al-Waqiah berisikan tentang bagaimana hari kiamat akan terjadi. Bagi seorang muslim yang rutin membacanya, maka akan mendapatkan syafaat di hari kiamat seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

Diriwayatkan oleh Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa): “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hal 117).

3. Meringankan Rasa Sakit

Jika surat Al-Waqiah dibacakan saat sedang di sisi orang sakit, insya Allah rasa sakitnya akan diringankan dan dipermudah dalam kesembuhannya. Bukan saat sakit karena penyakit saja, keutamaan surat al-Waqiah juga dipercaya dapat mempermudah persalinan ibu hamil tanpa halangan.

4. Mempermudah Sakaratul Maut

Saat seseorang sedang sakaratul maut dan dibacakan surat Al-Waqiah, maka ia akan dipermudah ruhnya untuk keluar dari jasad. Sehingga sakaratul mautnya dipermudah dan dengan izin Allah tidak akan merasakan waktu sakaratul maut yang terlalu lama.

5. Hajatnya Dimudahkan

Masih berkaitan dengan rezeki, saat seorang muslim memiliki hajat dapat membaca surat Al-Waqiah sebanyak 41 kali dalam sekali duduk. Maka insyaAllah akan dikabulkan keinginan yang dipanjatkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Al-Waqiah, jika dilakukan secara rutin Allah akan memberikan syafaat-Nya semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan sebagai pengingat diri saya.

Diriwayatkan oleh Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa): “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url





sr7themes.eu.org