Apa itu komplikasi ?


Apa itu komplikasi ?
Bisabaca.com - Apakah kalian sudah tau apa itu Penyebab komplikasi, Gejala komplikasi, jenis komplikasi, dan obatnya ?

Jika belum mari kita simak penjelasan dibawah ini !

Sering digunakan dalam dunia kesehatan, komplikasi merupakan istilah yang umum didengar. Komplikasi adalah perubahan kondisi penyakit dalam tubuh.

Perlu di ketahui Komplikasi bukanlah nama sebuah penyakit. Namun, dalam dunia medis, komplikasi adalah istilah yang merujuk pada kondisi di mana sebuah penyakit berubah kondisinya dan memicu penyakit lain yang akhirnya muncul efek perubahan dari suatu penyakit tersebut.

Adapun perubahan dari sebuah penyakit tertentu ini bisa dipicu oleh berbagai faktor, sebagai contoh di antaranya adalah dari konsumsi obat-obatan kimia atau akibat tindakan medis tertentu dari sebuah penyakit sehingga dapat terjadinya komplikasi tersebut.

Salah satu komplikasi yang paling umum muncul adalah gagal jantung. Kondisi dimana suatu penyakit yang makin memburuk kemudian menimbulkan jumlah atau gejala yang lebih besar atau disebut juga sebagai perubahan patologi, yang menjalar ke seluruh tubuh dan berdampak pada gagal berfungsinya sistem organ tubuh yang lainnya.

Berikut ini adalah ringkasan dari faktor penyebab, gejala, jenis komplikasi dan referensi obat herbal dari tanaman untuk pasien yang mengalami komplikasi:

Penyebab komplikasi

Diatas telah di jelaskan secara singkat jika komplikasi bisa dipicu oleh berbagai faktor mulai obat kimia, tindakan medis, hingga penyakit tertentu. Berikut ini merupakan penyebab lain dari komplikasi:

  • Daya tahan tubuh yang rendah.
  • Adanya penyakit yang menjalar ke seluruh tubuh.
  • Ketakmampuan pembuluh darah dalam menetralkan semua penyakit.

Gejala Komplikasi

Seseorang yang mengalami komplikasi, bisa saja merasakan adanya gejala-gejala pada tubuh mereka. Adapun gejala-gejala komplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Adanya kelainan pada jantung.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi).
  • Mengalami kebutaan.
  • Adanya gangguan pada pencernaan.
  • Adanya gangguan pada rongga mulut.
  • Mudah terinfeksi oleh virus, bakteri, dan jamur.
  • Hipoglikemia.

Jenis-jenis penyakit komplikasi

Ada beberapa penyakit komplikasi yang umum diketahui antara lain sebagai berikut:

  • Penyakit komplikasi diabetes yang menyebabkan penyakit pada jantung, ginjal, dan mata.
  • Komplikasi dari penyakit hipertensi yang menyebabkan penyakit ginjal.
  • Penyebab penyakit komplikasi akibat demam kuning yang menimbulkan radang otot jantung, edema paru, radang otak, dan lain-lain.
  • Komplikasi akibat penyakit ginjal yang membuat jantung bekerja lebih keras sehingga terjadi penurunan fungsi jantung.
  • Penyakit obesitas yang menyebabkan diabetes, hipertensi, stroke, penumpukan lemak pada hati, hingga penyakit jantung.
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Tanaman Obat Penyakit Komplikasi

Penyakit komplikasi yang timbul akan semakin memperburuk kondisi tubuh jika diatasi dengan obat-obatan kimia terus menerus.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi tanaman alami yang bisa membantu penyembuhan penyakit komplikasi, di antaranya:

Kulit Manggis

Apakah anda sudah mengetahui jika Kulit manggis dikenal memiliki banyak manfaat sebagai pencegah timbulnya berbagai penyakit berbahaya?

Kulit manggis sendiri mengandung Zat antihistamin, anti-inflamasi, dan anti-radang sangat bagus untuk mencegah atau mengobati penyakit komplikasi.

Kulit manggis akan menekan sistem saraf pusat dan menstabilkan tekanan darah, sehingga hipertensi sebagai penyebab penyakit komplikasi tidak akan timbul. Ada juga zat aktif pelawan sel kanker yang sangat bagus untuk tubuh.

Mengkudu

Sedangkan buah mengkudu tidak kalah bermanfaatnya karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi pada buah yang memiliki bau kurang sedap ini bisa mencegah timbulnya penyakit komplikasi. Mengkudu menstabilkan kadar kolesterol dan gula darah. Sehingga kemungkinan munculnya penyakit diabetes bisa diminimalisir.

Teh Hijau dan Kakao

Menurut penelitian dari Campinas State University di Brazil, zat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung di dalam teh hijau dan buah kakao dapat mencegah dan mengobati penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.

Serta memiliki kandungan polifenol yang menurunkan tekanan darah dan perlindungan dari penyakit kardiovaskuler.

Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai penyakit komplikasi. Lindungi selalu kesehatanmu dan keluarga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url