Aksi Nyata Topik 2 Perancang dan Pengembangan Kurikulum

Perancang dan Pengembangan Kurikulum

Apa yang membedakan kerangka UbD dengan model pengembangan kurikulum lainnya?

Dengan adanya kurikulum, tenaga pengajar bisa mempunyai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Dalam pengembangannya, kurikulum mempunyai berbagai model yang biasa digunakan. Salah satu model tersebut adalah UbD, singkatan dari Understanding by Design yang diserap dari bahasa Inggris.

Pengembangan Kurikulum dengan UbD

Understanding by Design (UbD) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada tujuan pembelajaran itu sendiri.

Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa tujuan akhir dari pembelajaran adalah hal yang penting dalam pengembangan kurikulum dengan model ini. Tujuan ini meliputi hasil belajar dan cara berpikir siswa tentang pembelajaran tersebut.

Oleh sebab itu, tenaga pendidik menempatkan siswa di menjadi pusat dalam proses pembelajaran. Caranya adalah dengan membuat pembelajaran yang sesuai dengan siswa agar target tersebut bisa tercapai.

Perbedaan UbD dengan Model Lain

Dapat kita ketahui bahwa perbedaan paling mencolok antara UbD dengan model lainnya adalah penempatan siswa sebagai fokus pembelajaran. Dengan demikian, guru akan lebih memperhatikan kebutuhan siswa. Siswa juga bisa lebih memperoleh penilaian yang autentik daripada pengembangan kurikulum dengan model lainnya. Hal ini dilakukan agar tenaga pendidik tahu apakah tujuan dari pembelajaran sudah tercapai apa belum.

Pengembangan kurikulum ini juga bisa lebih mengurangi anggapan bahwa tenaga pendidik adalah pusat dari pembelajaran daripada model lainnya. Dengan demikian, tenaga pendidik juga memikirkan apa yang terbaik untuk para siswanya.

Idealkah kerangka UbD diterapkan di Indonesia? Jelaskan alasannya!

Kerangka UbD dapat diterapkan di Indonesia karena kerangka kurikulum ini mengacu pada pemahaman dan ide siswa yang dialirkan ke kehidupan nyata dan ke masyarakat. Output dari UbD mengharapkan siswa sudah memahami betul materi yang dipelajarinya agar dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain sehingga hal ini juga membawa perubahan pendidikan Indonesia yang ke arah lebih baik.

Menurut anda keunikan apa yang dimiliki oleh UbD dalam meningkatkan kualitas pembelajaran?

Keunikan yang dimiliki UbD adalah skema alur mundurnya dalam merencanakan pembelajaran. Dalam asesmen nya juga tidak hanya terbatas pada textbook akan tetapi juga bukti nyata dari peserta didik terhadap pemahamannya pada materi. Dua alur yang sebelumnya membantu guru untuk menentukan strategi dan metode pembelajaran apa yang kiranya dapat mencapai standar ketercapaian dari dua alur sebelumnya.

Klarifikasi keilmuan menjadi sangat penting untuk membuktikan bahwa Anda benar-benar melakukan aktifitas MERDEKA oleh karena itu jelaskan lebih rinci!

1. Apakah ada perbedaan antara apa yang dijelaskan oleh kelompok Anda, kelompok lain, literatur dan Anda sendiri?

Secara keseluruhan tidak ada perbedaan hasil dari kelompok saya dan kelompok lain. Akan tetapi pada beberapa poin di kelompok lain masih ada beberapa yang berbeda dengan kelompok saya misalnya pada kompetensi dasar, dan pertanyaan penting. Buku yang dijelaskan oleh wiggins (2005) bahwa hasil akhir pembelajaran dibuat sebermakna dan serelevan mungkin bagi peserta didik.

2. Jelaskan mengapa ada kesamaan atau perbedaan diantara penjelasan tersebut!

Karena sumber yang diambil adalah sumber yang sama yaitu dari wiggins (2005) tentang understanding by design. Fokus kerangka kurikulum yang diamati pun adalah kurikulum yang sama yaitu kurikulum merdeka. Adapun perbedaan kecil yaitu dari teknis penyusunan rancangan pembelajaran yang berbeda sedikit dengan kelompok lain misalnya pada tujuan dan pertanyaan penting.

Khalayak pastilah menunggu informasi dari Anda. Karena sebagai seorang profesional sangat memungkinkan mengkonstruksi keilmuan dan memutuskan tingkat kebutuhan keilmuan oleh masyarakat umum dan pengguna. Oleh karena itu jelaskan:

1. Tingkat kebutuhan topik ini oleh masyarakat

a. Sangat dibutuhkan

b. Dibutuhkan

c. Cukup dibutuhkan

d. Tidak dibutuhkan

e. Sangat tidak dibutuhkan

Jelaskan tingkat pernyataan Anda tersebut dalam bentuk deskripsi!

Menurut saya tingkat kebutuhan oleh masyarakat adalah sangat penting. Karena dengan pembelajaran yang saya pahami mengenai UbD hasil akhir yang diharapkan dari UbD adalah siswa dapat mengemukakan ide dan pemahaman tentang materi yang dipelajarinya ke kehidupan nyata. Misalnya peserta didik memahami tentang konsep keanekaragaman hayati, sehingga peserta didik akan peduli tentang makhluk hidup yang dilindungi dan terancam punah. Kepedulian peserta didik terhadap hal tersebut kemudian dia orasikan dan mendemonstrasikan agar masyarakat tidak mengganggu dan merusak lingkungan makhluk hidup yang terancam punah tersebut. Kemudian pemahaman peserta didik tentang keanekaragaman juga dapat mempengaruhi ekonomi masyarakat misalnya di daerahnya terdapat tumbuhan endemik yang dapat di manfaatkan sebagai produk kemudian dijual untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di suatu daerah.

Dengan media apa Anda akan mendiseminasikan kepada masyarakat (pilih yang paling anda prioritaskan)?

a. Media sosial (Youtube, Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dll)

b. Media massa (majalah, koran, buletin dll)

c. Media ilmiah (jurnal, buku, makalah, artikel, prosiding dll)

d. Media konferensi (seminar, FGD, diskusi terbatas, kelompok kerja guru dll). Jelaskan pilihan Anda mengapa menjadi prioritas!

Saya mendiseminasikan kepada masyarakat dengan media sosial Youtube, Instagram, Tiktok, Facebook dan Website.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url