Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik 2 Filosofi Pendidikan

Bisabaca.com - Halo semua, pada postingan kali ini saya ingin membagikan jawaban dari Aksi Nyata Topik 2 Filosofi Pendidikan

Perasaan Saya selama melakukan perubahan dari penerapan pemikiran KHD adalah

Saya merasa sangat senang, sangat antusias dan sangat bersemangat dalam melakukan perubahan. Pemikiran KHD ini dapat membawa perubahan bagi Saya terutama dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu perubahan tersebut adalah Saya dapat melakukan pembelajaran dengan memperhatikan tumbuh kembang anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman masing-masing peserta didik. Hal ini berarti, di dalam sebuah pembelajaran Saya memiliki peran sebagai “penuntun” memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengeksplor dirinya sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Kemudian ketika Saya sebagai “pamong” maka Saya akan menuntun dan mengarahkan peserta didik agar mereka tidak kehilangan arah. Kemudian Saya sebagai pendidik juga akan menerapkan “Merdeka Belajar” di dalam pembelajaran. Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tanpa membebani peserta didik dalam pencapaian skor hasil belajar dan melakukan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Student Learning ini Saya lakukan dengan cara memberikan strategi, metode dan teknik pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Strategi, metode dan teknik pembelajaran ini merupakan suatu ide atau gagasan yang muncul ketika Saya melakukan pembelajaran “merdeka belajar”. Ketika melihat keberagaman di kelas, maka Saya akan mencoba membuat pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan keberagaman tersebut dengan cara dibuat kelompok. Nantinya di dalam diskusi kelompok terdapat perbedaan pendapat, maka sebagai “penuntun dan pamong” akan mengamati dan mengarahkan kelompok tersebut agar tidak kehilangan arah. Kemudian ide atau gagasan lain yang timbul adalah Saya akan memanfaatkan penggunaan teknologi guna mendukung berjalannya pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tentunya sebelum melakukan sebuah pembelajaran, Saya akan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan dan menyepakati adanya keterlibatan orang tua dalam pembelajaran yakni sebagai salah satu sumber belajar.

Pembelajaran yang Saya lakukan melibatkan catatan praktik. Catatan praktik di dalam pembelajaran tentunya sangat banyak, tak terkecuali di dalam pembelajaran matematika. Praktik pembelajaran tersebut Saya lakukan dengan cara di kegiatan awal pembelajaran, peserta didik diminta untuk berdoa terlebih dahulu. Kemudian juga Saya akan memberikan pertanyaan refleksi mengenai pembelajaran sebelumnya. Serta akan memberikan sedikit motivasi agar peserta didik bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Di dalam kegiatan inti Saya akan menjelaskan sedikit materi dan memberikan permasalahan kepada peserta didik yang nantinya mereka diminta untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Peserta didik juga akan diberi kesempatan untuk mencari informasi tambahan mengenai materi yang belum mereka pahami guna menambah pengetahuan mereka sesuai dengan karakteristiknya.

Sebelum pemberian materi tentunya Saya akan memberikan beberapa tes diagnostik guna mengetahui kebutuhan masing-masing peserta didik. Setelah semua terlaksana langkah selanjutnya adalah Saya memberikan Post Test atau asesmen kepada peserta didik. Tujuannya untuk mengukur pemahaman mereka mengenai pembelajaran yang telah dilakukan. Terakhir pembelajaran Saya akan menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari itu dan juga meminta peserta didik untuk mengakhiri pembelajaran dengan berdoa.

Kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang Saya lakukan melalui tiga tahapan yakni perencanaan, penerapan dan refleksi. Tahap yang pertama yaitu perencanaan, tahap merencanakan ini Saya lakukan sebelum melaksanakan pembelajaran. Caranya dengan merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran dan menyusun modul ajar yang akan digunakan. Perencanaan ini juga berupa penyiapan bahan materi, cara menyampaikan dan persiapan alat yang akan digunakan.

Perencanaan yang Saya lakukan dapat membantu Saya dalam mempersiapkan bahan pembelajaran dan membantu Saya dalam menentukan tindakan apa yang akan Saya lakukan saat proses pembelajaran sehingga pembelajaran bisa berjalan secara efektif. Ketika perencanaan ini sudah tersusun maka tahap selanjutnya adalah menerapkan apa yang sudah direncanakan ke dalam pembelajaran. Tentunya di dalam pembelajaran tersebut Saya akan melakukan refleksi kepada peserta didik. Refleksi ini berupa pemberian soal mengenai materi yang telah disampaikan dan juga berupa pertanyaan mengenai kesimpulan pembelajaran pada hari itu.

Posting Komentar untuk "Aksi Nyata Topik 2 Filosofi Pendidikan"