Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Bilangan

Sejarah Bilangan


Bisabaca.com - Pada awalnya bilangan hanya digunakan untuk mengingat jumlah suatu barang, namun dalam perkembangan jaman para pakar matematika menambahkan perbendaharaan simbol dan kata- kata yang tepat untuk menuliskan bilangan.

Matematika menjadi suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan dan tidak bisa kita pungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan bertemu dengan yang namanya bilangan.

Bilangan selalu dipakai baik dalam teknologi, sains, ekonomi maupun dalam dunia musik, filosofi dan hiburan serta banyak aspek kehidupan lainnya.

Baca juga : Pengertian Bilangan Bulat pada Kurikulum Merdeka

Sejarah permulaan munculnya bilangan (matematika) berasal dari bangsa-bangsa yang bermukim sepanjang aliran sungai seperti Bangsa Mesir di aliran sungai Nil, Bangsa Babilonia yang menghuni pinggiran sungai Tigris dan Efrat.

Simbol bilangan bangsa Babilonia

Bangsa Hindu India di sepanjang sungai Indus dan Gangga, Serta Bangsa Cina di sepanjang aliran sungai Huang Ho dan Yang Tze.

Matematika sangat dibutuhkan oleh bangsa-bangsa tersebut untuk perhitungan berbagai kebutuhan sehari-hari yang melibatkan bilangan seperti halnya perhitungan perdagangan, penanggalan, perhitungan perubahan musim, pengukuran luas tanah dan lain-lain.

Pada perkembangan peradaban manusia, matematika semakin diperlukan dalam perdagangan, keuangan, dan pemungutan pajak. Sistem bilangan yang digunakan oleh bangsa-bangsa zaman dahulu bermacam-macam hingga dalam perkembangan selanjutnya, pada abad ke-X ditemukan manuskrip Spanyol yang memuat simbol bilangan oleh bangsa Hindu-Arab Kuno dan cara penulisan inilah yang menjadi cikal bakal penulisan simbol bilangan yang kita pakai hingga saat ini, seperti yang tampak dalam gambar berikut:

Simbol bilangan bangsa Hindu-Arab


Sumber : Kemendikbud

Posting Komentar untuk "Sejarah Bilangan"