Find Us OIn Facebook

Pengertian Bilangan Bulat pada Kurikulum Merdeka


Bisabaca.com - Halo semua, kali ini kita akan belajar tentang bilangan bulat, mulai dari pengertian bilangan bulat, contoh bilangan bulat, cara membandingkan bilangan bulat positif dan negatif, hingga cara mengurutkan bilangan bulat!

Pada pelajaran Matematika, kita sering bertemu dengan istilah bilangan, kalian tahu tidak pengertian bilangan itu apa? Bilangan adalah suatu konsep matematika yang memberikan nilai jumlah terhadap sesuatu yang dihitung. Hal ini yang membuat bilangan digunakan dalam pengukuran dan pencacahan. Bilangan punya simbol atau lambang yang kita sebut sebagai angka.

Ada banyak jenis dari bilangan yaitu bilangan kompleks, bilangan real, bilangan imajiner, bilangan rasional, bilangan irasional, bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan cacah, bilangan asli, dan lainnya.

Baca juga : Membandingkan Bilangan Bulat

Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian Bilangan Bulat yaitu bilangan yang nilainya yang bulat. Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah dan bilangan bulat negatif. Himpunan bilangan bulat dalam matematika dilambangkan dengan Z atau Zahlen yang berarti bilangan.

Pengertian dari Bilangan Cacah sendiri merupakan himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan nol dan bilangan bulat positif. Bilangan Bulat Positif bisa juga disebut sebagai bilangan asli, merupakan himpunan bilangan bulat yang bernilai positif atau nilainya lebih besar dari nol. Sementara itu, Bilangan Bulat Negatif merupakan himpunan bilangan bulat yang bernilai negatif atau kurang dari nol.

Bilangan asli terbagi lagi menjadi bilangan ganjil, genap, prima, dan komposit. Bilangan Ganjil merupakan himpunan bilangan yang bukan kelipatan dua atau nilainya nggak habis jika dibagi 2. Kebalikannya, Bilangan Genap merupakan himpunan bilangan kelipatan 2 atau nilainya akan habis jika dibagi 2. Bilangan prima merupakan himpunan bilangan yang lebih besar dari 1 dan hanya bisa dibagi oleh 1 atau bilangan itu sendiri.


Sedangkan, bilangan yang nilainya lebih besar dari 1 dan bukan termasuk bilangan prima, berarti bilangan tersebut merupakan Bilangan Komposit.

Post a Comment

Previous Post Next Post